Beda dengan Susi, Edhy Prabowo Hibahkan 7 Kapal Ilegal untuk Nelayan

Rizky Alika
9 Januari 2020, 16:31
Beda dengan Susi, Edhy Prabowo Hibahkan 7 Kapal Ilegal untuk Nelayan.
ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI
Foto udara monumen Kapal MV Viking di Pantai Putih Pangandaran, Jawa Barat, Jumat (23/8/2019). Menteri KKP Edhy Prabowo akan menghibahkan 7 kapal asing iiegal ke nelayan.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyatkan pihaknya telah menangkap tujuh kapal pencuri ikan asing di perairan Indonesia. Berbeda dengan kebijakan peneggelaman kapal yang dicetuskan menteri sebelumnya, Susi Pudjiastuti, Edhy akan menghibahkan kapal pencuri tersebut kepada nelayan.

"Kapal ini akan diserahkan ke Kejaksaan karena banyak sekali kampus-kampus ini punya jurusan perikanan. Kenapa tidak  saya serahkan ke sana atau diserahkan ke koperasi nelayan," kata dia seperti dikutip dari siaran pers, Kamis (9/1). 

Advertisement

Edhy menambahkan, kapal-kapal hasil tangkapan yang sudah memiliki ketetapan hukum dapat diberikan kepada nelayan serta dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan.

(Baca: 1.000 Kapal Asing Melintasi Natuna, Menteri Edhy Kirim Tim Pengawas)

Dia pun memastikan, kapal hasil tangkapan itu akan diberikan kepada pihak-pihak yang tepat. Pengawasan akan terus dilakukan untuk memastikan pemberian kapal tepat sasaran dan dikelola dengan benar.

Meski begitu, dia juga memiliki kekhawatiran hibah kapal tersebut jatuh ke pihak yang keliru. Oleh karena itu, dia menegaskan KKP dapat menarik kembali kapal tersebut jika ternyata disalahgunakan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement