Tiongkok Pastikan Teken Kesepakatan Dagang Tahap I Pekan Depan

Agustiyanti
10 Januari 2020, 06:43
kesepakatan dagang tahap I, kesepakatan dagang tahap I diteken, perang dagang AS-Tiongkok
ANTARA FOTO/REUTERS/Yuri Grip
Wakil Perdana Menteri China Liu He dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada pertemuan di Gedung Putih pada Oktober 2019 membahas kesepakatan dagang tahap I.

Tiongkok memastikan kesepakatan dagang tahap pertama dengan Amerika Serikat akan diteken pada pekan depan. Penandatanganan akan dilakukan Wakil Perdana Menteri Tiongkok Liu He yang juga merupakan kepala tim negosiasi dagang di Washington.

Dikutio dari Reuters, Juru Bicara Kementerian Perdagangan Gao Feng mengatakan Liu akan mengunjungi Washington pada 13-15 Januari. Negosiasi tim dari kedua belah pihak tetap akan berkomunikasi dengan erat.

Presiden AS Donald Trump mengatakan pada 31 Desember bahwa kesepakatan dengan Tiongkok akan diteken pada 15 Januari di Gedung Putih. Trump juga mengatakan akan menandatangani perjanjian dengan perwakilan petinggi negara tersebut dan bakal melakukan perjalanan ke Beijing untuk memulai pembicaraan fase berikutnya.

Menurut sumber dari AS yang mengetahui persiapan tersebut, delegasi Tiongkok yang akan datang bakal mecakup 10 pejabat di antaranya Menteri Perdagangan Zhong Shan, Gubernur Bank Sentral Yi Gang, Wakil Menteri Keuangan Liao Min, Wakil Menteri Luar Negeri Zheng Zeguang, dan Duta Besar Tiongkok untuk Washington Cui Tiankai.

(Baca: Bank Dunia Khawatir Peningkatan Utang Negara Berujung Krisis)

Amerika Serikat melancarkan perang dagang terhadap Beijing satu setengah tahun yang lalu atas tuduhan praktik perdagangan tidak adil, seperti pencurian kekayaan intelektual AS dan subsidi yang secara tidak adil menguntungkan perusahaan-perusahaan milik negara Tiongkok.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...