Hanya Donasikan Rp 9,5 M untuk Kebakaran Australia, Bos Amazon Dibully

Cindy Mutia Annur
14 Januari 2020, 11:18
amazon, jeff bezoz, kebakaran australia, sumbangan
Instagram/@jeffbezos
Pendiri Amazon, Jeff Bezos. Warganet membully Bos Amazon lantaran hanya mendonasikan Rp 9,5 miliar untuk kebakaran di Australia.

Warganet dunia mem-bully bos Amazon Jeff Bezos yang hanya memberikan sumbangan atau donasi sebesar AU$ 1 juta atau setara US$ 690.000, sekitar Rp 9,5 miliar (kurs Rp 13.650 per US$), untuk korban bencana kebakaran hutan dan semak-semak di Australia.

Dilansir dari CNBC International, warganet menilai nominal uang yang didonasikan oleh bos situs e-commerce terbesar di dunia itu tidak sepadan dengan jumlah kekayaannya yang menurut Forbes mencapai US$ 116,7 miliar atau lebih dari Rp 1.600 triliun.

Advertisement

"Hati kami ditujukan kepada semua warga Australia saat mereka mengatasi kebakaran hutan yang dahsyat ini. Amazon mendonasikan 1 juta dolar Australia untuk seluruh layanan dan kebutuhan korban," dikutip dari laman instagram @jeffbezos, Senin (13/1).

Padahal, seperti dilansir Business Insider 2019, Bezos menghasilkan hampir US$ 9 juta per jam pada 2018. Amazon pun memiliki kapitalisasi pasar lebih dari US$ 930 miliar.

(Foto: Bara dan Asap Menyapu Sebagian Australia)

"Jeff Bezos menghasilkan US$ 149.340 per menit. Jadi dia secara efektif menyumbangkan 4,6 menit waktunya. Apabila dia menyumbangkan apa yang dia hasilkan dalam sehari, itu akan menjadi US$ 215 juta, dan itu pun masih belum cukup," ujar akun Reina Sultan @SultanReina di Twitter.

"Jeff Bezos memiliki kekayaan US$ 116 miliar. Ini (donasi US$ 690.000) adalah sekitar 0,00059% dari kekayaannya. Jika Anda memiliki US$ 50.000, ini setara dengan menyumbang kurang dari US$ 30. Dan (Bezos) jadi berita utama untuk (donasinya) itu," ujar akun twitter Brian Merchant @bcmerchant.

Sementara itu akun Peter Daou @peterdaou mengatakan, "(US$ 690 ribu) ini adalah jumlah uang yang dihasilkan #JeffBezos dalam 3 menit".

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement