IHSG Diramal Turun Meski AS-TIongkok Damai, Ini Saham-saham Pilihannya

Image title
16 Januari 2020, 07:29
ihsg hari ini, prediksi ihsg, ihsg turun, saham pilihan, rekomendasi saham
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini, Kamis (16/1), diramal melanjutkan koreksinya pada Rabu.

Sejumlah analis memperkirakan indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (16/1), turun, melanjutkan koreksinya pada Rabu (15/1) sebesar 0,66% ke level 6.283,37.

Adapun, sentimen yang mempengaruhi laju indeks masih berasal dari perjanjian dagang tahap I antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok yang baru saja resmi diteken kemarin di Washington DC, AS.

Meski demikian, analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan mengatakan bahwa investor masih mencemaskan kelanjutan dari perang dagang. "Investor masih mencemaskan kelanjutan negosiasi AS-Tiongkok," ujarnya.

Pasalnya, optimisme investor yang bangkit dari sentimen tersebut sedikit terpukul oleh pernyataan AS yang mengatakan bahwa tarif terhadap produk asal Tiongkok tidak akan dihapuskan setidaknya hingga pelaksanaan pemilu di negeri Paman Sam pada November 2020.

(Baca: IHSG Melemah 0,66%, Saham Agrikutural dan Tambang Paling Rontok)

Selain itu, perjanjian dagang tidak menyelesaikan masalah struktural yang menjadi penyebab utama perang dagang, tidak menghapuskan seluruh tarif yang menyebabkan perlambatan ekonomi global, serta target pembelian oleh Tiongkok yang dinilai sulit untuk direalisasikan.

Dalam perjanjian disepakati bahwa Tiongkok akan menambah pembelian produk energi AS sebesar US$ 54 miliar, tambahan US$ 78 miliar pembelian manufaktur, tambahan US$ 32 miliar produk pertanian, dan US$ 38 miliar produk jasa. Jika ditotal, defisit neraca perdagangan AS terhadap Tiongkok akan berkurang US$ 202 miliar dari total defisit sekitar US$ 300 miliar.

Terlepas dari sentimen tersebut, berdasarkan analisis teknikal, Dennies memprediksi IHSG turun dengan area support pada rentang 6.242 hingga 6.202. Sedangkan area resistance pada rentang 6.390 hingga 6.336.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...