3 Tokoh Dunia Jadi Dewan Pengarah Ibu Kota Baru, Ini Imbalannya

Dimas Jarot Bayu
17 Januari 2020, 21:19
Dewan Pengarah Ibu Kota Baru, Ibu Kota Baru, Jokowi
Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden
Suasana pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Putra Mahkota MBZ dan Masayoshi Son, di Abu Dhabi, Selasa (14-01-2020).

Presiden Jokowi menempatkan tiga tokoh dunia sebagai anggota dewan pengarah pembangunan ibu kota baru. Pemerintah tidak akan memberikan gaji, namun bakal menawarkan investasi di beberapa daerah kepada para tokoh tersebut.

Ketiga tokoh yang dimaksud, yakni Putra Mahkota Abu Dhabi Mohamed Bin Zayed, Presiden Softbank Masayoshi Son, dan mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair. Jokowi mengatakan, ketiga tokoh dunia ini memiliki kekayaan yang besar. "Enggak kuat kami gaji beliau," ujar dia di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/1).

Ia lantas mencontohkan kekayaan yang dimiliki Zayed. Menurut dia, Zayed memiliki kekayaan hingga US$ 1,4 triliun. Lantas, apa yang akan diberikan pemerintah? Jokowi menilai penempatan sebagai Dewan Pengarah sudah cukup menjadi penghargaan bagi para tokoh. "Ini kerja besar dan akan jadi sejarah," ujarnya.

(Baca: Jokowi Pastikan Pemerintah Tak Akan Utang untuk Bangun Ibu Kota Baru)

Selain itu, Kepala Negara mengatakan, pemerintah akan menawarkan berbagai proyek investasi di beberapa daerah kepada para tokoh tersebut. Proyek yang ditawarkan antara lain berada di Pulau Mori, Morowali, Sulawesi Tengah dan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...