Jokowi: Semua ASN Pusat Pindah ke Ibu Kota Baru pada 2024

Dimas Jarot Bayu
17 Januari 2020, 18:18
jokowi, asn, ibu kota baru
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil. Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari Jumat (17/1) memastikan bahwa seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di pemerintah pusat akan pindah ke ibu kota baru tahun 2024

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di pemerintah pusat akan pindah ke ibu kota baru pada 2024. Artinya, ada 1,4 juta ASN yang akan pindah dari Jakarta dalam empat tahun mendatang.

Jokowi mengatakan pemindahan ini sejalan dengan target selesainya pembangunan ibu kota baru tahap pertama. “Pindah semuanya langsung,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/1).

Advertisement

(Baca: Jokowi Sebut Draf RUU Ibu Kota Sudah Rampung)

Pada tahap pertama tersebut, pemerintah akan merampungkan pembangunan ibu kota baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Di wilayah tersebut rencananya akan dibangun klaster pemerintahan. “Kami harapkan seperti itu (semua ASN pemerintah pusat pindah pada 2024),” kata Jokowi.

Meski demikian, Presiden masih menghitung jumlah ASN yang tak ingin pindah dari Jakarta. Dia sudah memerintahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) untuk menyurvei minat pindah pegawai pemerintah.

“Kira-kira (ASN) yang ingin enggak pindah berapa persen, kami harus tahu dong,” ujar Jokowi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement