Makin Loyo, IMF Kembali Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global

Agatha Olivia Victoria
20 Januari 2020, 18:01
imf, pertumbuhan ekonomi global
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Ilustrasi. IMF memperkirakan ekonomi negara berkembang tumbuh 4,4% pada tahun ini, naik dari tahun lalu sebesar 3,7%. Proyeksi pada 2019 dan 2020 tersebut turun 0,02% dibanding sebelumnya.

Dana Moneter Internasional atau IMF memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi tahun ini menjadi 3,3% dari proyeksi pada Oktober 2019 sebesar 3,4%. Proyeksi pertumbuhan ekonomi pada tahun lalu juga diturunkan dari 3% menjadi 2,9%, sedangkan tahun depan dari 3,6% menjadi 3,4%. 

"Revisi tersebut disebabkan proyeksi pemulihan untuk pertumbuhan global yang masih belum pasti," kata Penasihat Ekonom dan Direktur Departemen Riset Gita Gopinath seperti diuktip dalam World Economic Outlook, Senin (20/1).

Meski begitu, IMF memperkirakan pertumbuhan global tahun ini stabil meski masih lemah. Sebagian risiko global dinilai telah surut meski tetap menjadi ancaman. Risiko tersebut terutama terkait kesepakatan perdagangan tahap I antara AS dan Tiongkok, serta keluarnya Inggris dari Uni Eropa atau Brexit. 

Kebijakan moneter yang dikeluarkan sejumlah negara untuk mendukung perekonomian pun berdampak positif. Selain itu, sektor manufaktur dan perdagangan juga dinilai sudah melewati titik terendah. 

(Baca: Ekonomi Tiongkok Hanya Tumbuh 6,1% pada 2019, Terendah Sejak 1990)

Ia pun menilai dampak perang dagang yang semula diperkirakan dapat menggerus 0,8% produk domestik bruto global dapat turun menjadi sebesar 0,5% PDB. Ini dengan catatan  kesepakatan dagang tahap I mampu menjaga perdamaian AS dan Tiongkok cukup lama, 

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...