Ekonomi Tiongkok Hanya Tumbuh 6,1% pada 2019, Terendah Sejak 1990

Agustiyanti
17 Januari 2020, 12:57
Pekerja mengerjakan dekorasi lentera raksasa menjelang hari jadi berdirinya Republik Rakyat China ke-70 di Youyang Tujia dan Wilayah Otonomi Miao, Chongqing, China, Jumat (6/9/2019). Gambar diambil 6 September 2019.
ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer
Ilustrasi. Pertumbuhan ekonomi Tiongkok pada kuartal IV 2019 tercatat sebesar 6%, stabil dibanding kuartal sebelumnya.

Pertumbuhan ekonomi Tiongkok pada 2019 hanya mencapai 6,1%, terendah dalam hampir tiga dekade terakhir akibat perang dagang dengan Amerika Serikat. 

Ekspansi ekonomi Tiongkok pada tahun lalu turun cukup signifikan dibandingkan 2018 yang masih tumbuh 6,6%. Pertumbuhan ekonomi pada 2019 juga merupakan yang terlambat sejak 1990.

Dikutip dari Reuters, Biro Statistik Tiongkok mencatat, produk domestik bruto pada kuartal keempat naik 6% dari tahun sebelumnya, relatif stabil dibandingkan kuartal tiga meskipun masih yang terlemah dalam hampir tiga dekade terakhir.

Secara kuartalan, ekonomi tumbuh 1,5% pada Oktober-Desember,sesuai dengan prediksi analis dan laju yang sama dengan tiga bulan sebelumnya.

Data yang dirilis pada hari ini, Jumat (17/1) juga menunjukkan ekonomi terbesar kedua dunia itu mengakhiri tahun lalu dengan catatan yang lebih kuat seiring ketegangan perdagangan yang mereda.

Beijing berencana untuk menetapkan target pertumbuhan ekonomi yang lebih rendah sekitar 6% tahun ini dari 6% hingga 6,5% tahun lalu. Pertumbuhan tahun ini akan tergantung pada peningkatan belanja infrastruktur untuk menangkal perlambatan yang lebih tajam.

(Baca: Kesepakatan Damai Dagang AS-Tiongkok Diteken, Ini Beberapa Poinnya)

Sementara itu, data Desember yang dirilis bersamaan dengan PDB menunjukkan akselerasi mengejutkan terkait produksi pabrik dan pertumbuhan investasi, sementara penjualan retail tumbuh pada kecepatan yang stabil dan solid.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...