Mantan Wamen ESDM Arcandra Tahar Didapuk jadi Komisaris Utama PGN

Image title
21 Januari 2020, 16:52
arcandra tahar, komisaris utama pgn, rupslb pgn, perusahaan gas negara
Katadata
RUPSLB PGN hari ini, Selasa (21/1), mengangkat mantan Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar sebagai komisaris utama perusahaan. Arcandra menggantikan IGN Wiratmaja Puja yang menjabat sejak 2018.

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Perusahaan Gas Negara Tbk (Persero) atau PGN resmi mengangkat Arcandra Tahar sebagai Komisaris Utama. Adapun Arcandra menggantikan posisi IGN Wiratmadja Puja yang menjabat sejak 2018.

Arcandra berharap dengan penunjukannya sebagai Komisaris Utama PGN dapat menggali potensi-potensi yang bisa ditingkatkan oleh perusahaan baik dari sektor infrastruktur gas maupun beberapa anak usaha hilir dan hulu. Sehingga tidak hanya memberikan nilai tambah bagi pemerintah namun juga seluruh pemegang saham di PGN.

"Sebagai orang baru di PGN semoga nanti kami bisa kerja sama dengan baik untuk meningkatkan kinerja PGN. Saya meminta dukungan pada komisaris yg masih menjabat untuk bangun PGN lebih baik ke depan," ujarnya di kantor pusat PGN, Jakarta, Selasa (21/1).

Di sisi lain, Direktur Utama PGN Gigih Prakoso menyambut positif kehadiran Arcandra sebagai Komisaris Utama PGN. Hal ini lantaran Arcandra mempunyai latar belakang kuat di sektor migas dan pernah menjadi Wakil Menteri ESDM di pemerintahan Joko Widodo periode sebelumnya.

(Baca: Erick Thohir Usulkan Arcandra Tahar Jadi Komisaris Utama PGN)

"Kehadiran beliau sangat positif. Tugas PGN bukan hanya bisnis entity tapi harus mendukung penugasan pemerintah terutama dalam distribusi dan transmisi gas. Tentu kami juga akan dukung program pemerintah yang akan mendukung sektor yang butuh gas," ujar Gigih.

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama mengatakan keputusan pergantian komisaris utama ini merupakan keputusan mutlak pemegang saham. "Bergabungnya Pak Arcandra Tahar di PGN, diharapkan dapat memperkokoh kinerja dewan komisaris, direksi, dan manajemen PGN,” imbuh Rachmat.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...