Mentan Teken Kesepakatan Kerja Sama Pertanian dengan Italia

Image title
Oleh Ekarina
21 Januari 2020, 20:25
Mentan Teken Kesepakatan Kerja Sama Pertanian dengan Italia.
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Petani memanen kentang di Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pemerintah meneken kesepakatan kerja sama dengan Italia di bidang pertanian.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo Menteri Pertanian Italia Teresa Bellanova sepakat memperkuat kerja sama di bidang pertanian. Hal itu ditandai dengan ditekennya nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) antar kedua negara. 

Mentan menyatakan, beberapa kerja sama tersebut antara lain mencakup bidang budi daya, mekanisasi pertanian, pengelolaan sumber daya air. "Kemudian ada pula di bidang pendidikan dan pelatihan, penelitian dan pengembangan kapasitas sumber daya manusia," kata dalam pertemuan bilateral, Selasa (21/1).

(Baca: Mentan Bakal Teken Nota Kesepahaman Ekspor Beras ke Tiongkok Februari)

Dalam pertemuan itu Mentan Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Teresa Bellanova membahas sejumlah isu bilateral, terutama terkait peningkatan nilai perdagangan dan investasi pertanian kedua negara.

Mentan menjelaskan, Indonesia memiliki komoditas pertanian unggulan , seperti kelapa sawit, karet, buah-buahan tropis, teh dan rempah-rempah. Oleh karena itu, dia pun mengundang Italia untuk berinvestasi di sektor pertanian dan peternakan.

"Saya sampaikan kepada Menteri Bellanova, produk Indonesia telah memenuhi standar Uni Eropa di bidang kesehatan, dan phytosanitary SPS, sehingga dapat diekspor ke pasar Eropa," katanya.

Selain itu,  sektor pertanian Indonesia telah menerapkan Good Agricultural Practices (GAP) dan dikelola secara berkelanjutan (sustainable).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...