Mentan Bakal Teken Nota Kesepahaman Ekspor Beras ke Tiongkok Februari

Image title
8 Januari 2020, 18:54
Mentan Bakal Teken Nota Kesepahaman Ekspor Beras ke Tiongkok Februari.
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Pekerja mengangkut karung berisi beras di Gudang Perum Bulog Divre DKI Jakarta dan Banten, Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (5/12/2019). Kementerian akan mengekspor beras ke Tiongkok.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyatakan tengah mematangkan rencana ekspor beras ke Tiongkok. Adapun penadatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) ekspor beras ke Negeri Panda akan dilakukan pada Februari 2020.

Syahrul menjelaskan, saat ini Tiongkok telah membuka diri untuk mengimpor beras dari Indonesia. Dalam waktu dekat, negara itu akan mengirim spesifikasi beras yang diperlukan dari Indonesia.

(Baca: Kementerian Pertanian Jajaki Ekspor 100 Ribu Ton Beras ke Tiongkok)

"Februari akan melakukan MoU konkret terkait spesifikasi dan pasar yang dibutuhkan. Tapi mereka sudah membuka diri," kata dia di Jakarta, Rabu (8/1).

Lebih lanjut, Syahrul menjelaskan kuota ekspor baru akan ditentukan dalam MoU yang akan diteken nanti. Dari kerja sama ini, Mentan sebelumnya berharap bisa mengekspor 100 ribu ton beras ke Tiongkok.

Oleh karena itu, pihaknya juga akan berupaya menggenjot produksi beras.

(Baca: Pemerintah Siap Ekspor Beras hingga Ayam ke Arab Saudi)

Sebelumnya, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan, Agung Hendriadi menargetkan produksi beras pada tahun ini meningkat mencapai tiga juta ton per bulan. Peningkatan itu diharapkan tercapai seiring dengan tingginya curah hujan.  

"Minimal tiga juta ton per bulan beras kalau konsumsi kita 2,5 juta ton karena area luas tanamnya meningkat saat musim hujan," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...