PGN Lanjut Salurkan Gas Lapangan Kepodang Bulan Depan

Image title
22 Januari 2020, 07:07
lapangan kepodang, pgn, migas
Ilustrasi jaringan gas PGN. PGN menargetkan penyaluran gas dari Lapangan Kepodang Blok Muriah dapat kembali dilakukan pada awal Februari 2019.

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (Persero) menargetkan penyaluran gas dari Lapangan Kepodang Blok Muriah dapat kembali dilakukan pada awal Februari. Hal ini menyusul langkah Petronas selaku operator yang sudah tidak melanjutkan produksi Lapangan Kepodang karena diklaim dalam kondisi kahar.

Direktur Komersial PGN Dilo Seno Widagdo menjelaskan, saat ini sudah ada kesepakatan antara tiga pihak yakni SKK Migas, Petronas, dan anak usaha PGN yakni Saka Energi untuk melanjutkan pengelolaan Lapangan Kepodang bulan depan.

"Sampai hari ini belum ada penyaluran, kami perkiraan mungkin penyaluran bulan depan," ujar Dilo di Kantor Pusat PGN, Jakarta, Selasa (21/1).

(Baca: Chevron dan Pertamina Siapkan Tiga Opsi Jaga Produksi Migas Blok Rokan)

Saka Energi yang masih mempunyai participating interest (PI) di blok tersebut berencana melanjutkan alih kelola Lapangan Kepodang Blok Muriah. Dengan kembalinya penyaluran tersebut, jaringan pipa gas Kalimantan-Jawa sepanjang 210 kilometer dari lapangan migas tersebut ke pembangkit listrik Tambak Lorok bisa dioperasikan.

"Saka masih berharap melanjutkan (pengelolaan Lapangan Kepodang), sementara Petronas tidak. Tetapi karena permintaan SKK Migas diminta untuk tetap menyalurkan," katanya,

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...