Saham-saham Pertambangan Bertumbangan, IHSG Sesi I Turun 0,11%

Happy Fajrian
22 Januari 2020, 13:51
ihsg hari ini, ihsg sesi i, sektor tambang,
ANTARA FOTO/Reno Esnir
IHSG pada sesi I, Rabu (22/1), turun 0,11% seiring tumbangnya sektor pertambangan yang turun 1,75%.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada sesi I siang ini, Rabu (22/1), turun 6,69 poin atau 0,11% ke level 6.231,46. Koreksi indeks domestik terutama didorong oleh tumbangnya saham-saham sektor pertambangan yang siang ini turun 1,75%.

Adapun koreksi pada sektor tambang dipimpin oleh saham Adaro Energy Tbk (ADRO) yang harganya turun 3,89%, kemudian Timah Tbk (TINS) turun 3,66%, Aneka Tambang Tbk (ANTM) turun 3,14%, Bukit Asam Tbk (PTBA) turun 3,12%, Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) 2,56%.

Kemudian harga saham Indika Energy Tbk (INDY) 1,78%, Vale Indonesia Tbk (INCO) turun 1,47%, Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) turun 1,03%, serta Harum Energy Tbk (HRUM) turun 0,74%.

(Baca: Prediksi Beragam IHSG Hari Ini, Saham Telko dan Tambang Direkomendasi)

Adapun analis memprediksi IHSG hari ini masih akan terkoreksi yang lebih banyak dipengaruhi oleh sentimen eksternal dari negatifnya kinerja Wall Street pada penutupan Selasa (21/1) seiring dengan mulai disidangkannya pemakzulan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

“Pasar akan menantikan hasil rapat dewan gubernur BI (Bank Indonesia) yang tengah berlangsung, jika suku bunga turun atau naik, indeks akan terdampak. Namun sentimen positif ini bisa tereliminasi oleh faktor eksternal. Apalagi saham AS Selasa ditutup turun,” ujar Analis Valbury Sekuritas, Alfiansyah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...