Jokowi Minta Masyarakat Waspadai Penyebaran Virus Corona

Dimas Jarot Bayu
24 Januari 2020, 17:34
Belum Ada yang Terjangkit, Jokowi Antisipasi Virus Corona Masuk RI
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Ilustrasi, petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) menunjukan monitor alat deteksi suhu tubuh atau "thermoscan" di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Rabu (22/1/2020).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyiapkan beberapa langkah pencegahan virus corona masuk ke Tanah Air, salah satunya menyediakan pemindai. Meski begitu, ia meminta masyarakat Indonesia mewaspadai penyebaran virus tersebut.

Jokowi juga sudah memerintahkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto untuk mengawasi kemungkinan masuknya penyakit tersebut secara detail.  "Yang terpenting kita waspada, hati-hati," kata dia di Istana Negara, Jakarta, Jumat (24/1).

Salah satu langkah preventif yakni dengan menyiapkan pemindai di titik-titik kedatangan warga dari luar negeri ke Indonesia. Pemindai itu akan memeriksa apakah mereka terjangkit virus corona.

"Kami sudah siap mengecek siapapun yang diperkirakan kemungkinan besar terjangkit," ujar Jokowi. Hingga saat ini, ia mencatat belum ada warga yang tertular virus corona di Indonesia. "Semoga seterusnya tidak ada,”

(Baca: Cegah Virus Corona Masuk, Kemenhub Larang Maskapai RI Terbang ke Wuhan)

Kepala Staf Presiden Moeldoko mengatakan, pemerintah belum memberikan peringatan perjalanan bagi warga negara Indonesia (WNI) yang ingin ke Tiongkok. Walau demikian, ia juga meminta mereka tetap berhati-hati terhadap virus corona.

Moeldoko meyakini WNI yang berada di Tiongkok saat ini bisa mengantisipasi penyakit tersebut. "Intinya kan semua dari masyarakat Indonesia yang ada di sana, pasti bisa antisipasi dengan baik," kata Moeldoko.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...