Kendalikan Wabah Virus Corona, Tiongkok Kucurkan Anggaran Rp 2 T

Image title
Oleh Ekarina
24 Januari 2020, 11:54
Kendalikan Wabah Virus Corona, Tiongkok Kucurkan Anggaran Rp 2 T.
ANTARA FOTO/REUTERS/Yonhap
Seorang anggota tim penyelamat berjalan melewati sebuah pengumuman tentang virus corona. Kementerian Keuangan Tiongkok menyatakan telah mengucurkan anggaran 1 miliar yuan untuk mengendalikan wabah tersebut.

Virus corona tengah menjadi sorotan dunia seiring dengan penyebarannya ke sejumlah negara. Kementerian Keuangan Tiongkok menyatakan telah mengucurkan anggaran 1 miliar yuan atau sekitar Rp1,97 triliun, untuk mendukung pemerintah Provinsi Hubei dalam mengendalikan wabah virus corona. 

Untuk diketahui, Wuhan, ibu kota Propinsi Hubei ini pertama kali virus corona berasal. Di  tempat itu, kasus pertama dilaporkan pada 5 Januari 2020 dengan temuan 444 kasus. 

Advertisement

Hingga Kamis (23/1) malam penyebaran virus yang diduga berasal dari ular dan kelelawar itu telah menyebabkan 617 orang menderita radang paru-paru (pneumonia) berat. Sebanyak 17 orang dinyatakan meninggal dunia akibat virus tersebut.  

(Baca: Cegah Virus Corona Menyebar, Tiongkok Isolasi Kota Wuhan)

Virus corona dilaporkan telah menyebar ke 25 provinsi/kota setingkat provinsi di Tiongkok dan beberapa negara lain.

Sejalan dengan mewabahnya virus tersebut, pemerintah Tiongkok akhirnya mengisolir dan menutup total akses menuju Wuhan sejak Kamis (23/1) pukul 10.00 waktu setempat.

Pintu tol dari berbagai arah menuju Wuhan, seperti Gongjialing, Xiaojunshan, Hannan, Beihu, Huashan, Baiquan, Qinglong, dan Xihu ditutup total hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Demikian halnya dengan stasiun kereta api dan bandara.

Sempat terjadi penumpukan calon penumpang kereta api cepat di Stasiun Tianjin yang hendak mudik Tahun Baru Imlek bersama keluarganya di Wuhan pada Kamis malam.

Para petugas stasiun dan pramugari kereta api cepat di Tiongkok juga telah mengenakan masker berstandar khusus untuk menghindari paparan virus mematikan tersebut.

(Baca: Virus Corona Wuhan, Berasal dari Ular dan Telah Menyebar ke 5 Negara )

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement