PBNU Ajak Malaysia Perkuat Konsep Islam Nusantara

Image title
25 Januari 2020, 21:06
PBNU Ajak Malaysia Perkuat Konsep Islam Nusantara .
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj. PBNU mengajak Malaysia memperkuat Islam Nusantara, sebagai cara memperkuat nilai agama.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siroj mengajak masyarakat ikut memperkokoh pondasi Islam Nusantara ke Malaysia. Hal tersebut bisa menjadi solusi mengatasi berbagai persoalan dunia saat ini, seperti fitnah yang berkembang di masyarakat. 

Said menjelaskan, bahwa Islam Nusantara bukanlah sebuah mazhab, aliran, maupun sekte baru yang berkembang di Indonesia. Islam Nusantara merupakan sebuah tipoligi Islam yang menyatukan nilai-nilai agama dan nilai budaya. 

Advertisement

"Islam yang menyatu dengan budaya. Culture kita jadi infrastruktur agama. Budaya kita jadi pondasi agama," ujar Said dalam Diskusi Harapan Baru Dunia Islam, Meneguhkan Hubungan Malaysia- Indonesia di Gedung PBNU Jakarta Sabtu, (25/1).

(Baca: Said Aqil Tagih Janji Kredit Rp 1,5 T, Sri Mulyani Sebut Syaratnya)

Lebih lanjut, ia mencontohkan kondisi seperti yang terjadi di Timur Tengah yang kacau balau karena perang antar sesama umat muslim. Dia pun lalu membandingkan dengan kondisi yang terjadi di Indonesia. Meski gejolak tensi politik semasa pilpres 2019 sempat memanas, namun konflik antara sesama umat muslim tak sampai berujung pada peperangan. 

"Ini yang berbeda dengan Islam di Arab dengan di Indonesia. Jadi yang berbeda antara timur tengah dengan nusantara budayannya keperdabannya. Nah budaya kita nusantara lebih mulia daripada budaya Arab," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement