Heboh Virus Corona, Garuda Tingkatkan Kewaspadaan Layanan Penerbangan

Image title
Oleh Ekarina - Verda Nano Setiawan
25 Januari 2020, 17:07
Heboh Virus Corona, Garuda Tingkatkan Kewaspadaan Layanan Penerbangan.
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Maskapai Garuda Indonesia bersiap mendarat di Bandara Soekarno-Hatta. Perusahaan memberi perhatian khusus terhadap antisipasi penyebaran virus corona.

Maskapai penerbangan pelat merah, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk meningkatan kewaspadaan terkait merebaknya  virus corona.  Peningkatan kewaspadaan dilakukan melalui edukasi maupun langkah antisipatif lain di seluruh lini operasional dan stakeholder layanan penerbangan.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, perusahaan memberi perhatian khusus terhadap antisipasi penyebaran virus. Adapun upaya pencegahan ini dilakukan dengan tetap mengedepankan aspek keselamatan penerbangan serta kenyamanan penumpang.

"Kami telah meningkatkan pengawasan terhadap sejumlah layanan penerbangan yang beroperasi di sejumlah rute internasional dan rawan penyebaran virus," kata Irfan dalam keterangannya, Sabtu (25/1).

(Baca: Korban Meninggal Corona Bertambah jadi 41 dan 1.300 Orang Terinfeksi)

Menurutnya, Garuda Indonesia saat ini tidak memiliki rute penerbangan dari dan menuju Wuhan.

Namun demikian, Garuda Indonesia turut meningkatkan pengawasan bersama otoritas bandara setempat dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di Indonesia khususnya di terminal kedatangan internasional.

"Kami akan mematuhi seluruh kebijakan regulator terkait upaya pencegahan virus tersebut, salah satunya melalui kebijakan penyampaian dokumen kesehatan berupa general declaration of health dan manifes penumpang," katamnya.

Dokumen itu menurutnya akan kepada petugas kesehatan sesaat setelah mendarat untuk flight yang melayani penerbangan langsung maupun transit khususnya dari Tiongkok dan Hong Kong.

Garuda Indonesia juga mengimbau para penumpang untuk tetap tenang, meningkatkan kewaspadaan serta memahami pencegahan penyebaran virus tersebut yang dilakukan dengan mengedepankan aspek kebersihan diri dan memastikan kondisi kesehatan dalam keadaan fit sebelum melakukan perjalanan.

(Baca: Dampak Virus Corona, Industri Penerbangan Global Terancam Rugi)

Pihaknya juga akan merekomendasikan penggunaan alat pelindung dini seperti masker hingga hand sanitizer bagi petugas, crew maupun penumpang.

“Kami juga secara seksama menjaga kondisi kesehatan awak pesawat dengan memastikan seluruh awak pesawat telah mendapatkan waktu istirahat yang cukup pada saat menjalankan tugas," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...