Pertamina Targetkan Transisi Blok Rokan Selesai Tahun Ini

Image title
27 Januari 2020, 19:03
pertamina, blok rokan
Donang Wahyu|KATADATA
Ilustrasi, kantor pusat Pertamina, Jakarta. Pertamina menargetkan proses transisi Blok Rokan selesai pada tahun ini.

Pertamina berupaya agar proses transisi Blok Rokan selesai pada tahun ini. Dengan begitu, produksi blok tersebut terjaga saat alih kelola pada Agustus 2021.

Pertamina pun telah menyiapkan investasi untuk mengebor sekitar 20 sumur tahun ini. Untuk dapat merealisasikan program pengeboran tersebut, Pertamina terus berdiskusi intensif dengan Chevron Pasific Indonesia (CPI) selaku pemilik hak partisipasi saat ini, sekaligus mengkomunikasikannya dengan Pemerintah.

"Pembahasan dengan CPI terus berlangsung untuk mencapai kesepakatan, sehingga kami berharap proses transisi Blok Rokan berjalan smooth,” ujar President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman berdasarkan siaran pers pada Senin (27/1).

Menurutnya, Pertamina belajar dari pengalaman di Blok Mahakam. Sebelum hak pengelolaan beralih ke Pertamina, pemboran sumur yang berkurang drastis dari 44 sumur pada 2016 menjadi enam sumur pada 2017 telah mempengaruhi penurunan produksi migas yang signifikan pada saat alih kelola Blok Mahakam dimulai pada 2018.

Selain pengeboran sumur, upaya transisi Pertamina yaitu menunjuk Pertamina Gas (Pertagas) dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) untuk mengerjakan proyek pergantian pipa hilir Blok Rokan. Pipa tersebut rencananya akan menghubungkan beberapa lapangan, yakni Minas-Duri-Dumai dan Batam-Bangko-Dumai.

Penggantian pipa diperlukan sebelum Blok Rokan beralih ke Pertamina karena pipa eksisting sudah berumur terlalu tua dan berpotensi menggaggu produksi Blok Rokan jika terus digunakan. Pertamina menargetkan pembangunan pipa hilir itu bisa selesai pada Agustus 2021 sebelum kontrak CPI berakhir.

(Baca: Menteri ESDM: Pertamina Tak Perlu Beli Hak Partisipasi Blok Rokan)

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan untuk mempercayakan pengelolaan Blok Rokan kepada Pertamina pada Juli 2018. Pengelolaan Blok Rokan oleh Pertamina paska Agustus 2021 telah dituangkan dalam Kontrak Bagi Hasil yang ditandatangani oleh anak perusahaan Pertamina yaitu PT Pertamina Hulu Rokan dengan SKK Migas pada Mei 2019.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...