Virus Corona Infeksi 2.700 Orang, Berikut Dampak ke Ekonomi Tiongkok

Agustiyanti
27 Januari 2020, 12:04
virus corona, ekonomi tiongkok, tiongkok, perlambatan ekonomi
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Ilustrasi. Pemerintah Tiongkok mengkonfirmasi virus corona hingga kini sudah menginfeksi lebih dari 2.700 orang di negara tersebut.

Data awal menunjukkan wabah virus corona mulai berdampak pada perekonomian Tiongkok. Virus ini diperkirakan menginfeksi lebih dari 2.700 orang dan menewaskan 80 orang di negara tersebut.

Dikutip dari CNBC, pemerintah Tiongkok mengkonfirmasi terdapat 2.744 kasus infeksi virus corona, termasuk 461 orang yang saat ini berada dalam kondisi kritis. Adapun jumlah kematian akibat virus ini meningkat menjadi 80 orang.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, virus mirip pneumonia yang mematikan ini menyebabkan penyakit mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah, seperti wabah SARS tahun 2002-2003 atau sindrom pernafasan akut yang parah.

Pemerintah Tiongkok mengindikasikan penyakit ini masih akan menjadi masalah dalam beberapa waktu ke depan. Guna mengantisipasi penyebaran virus, warga Tiongkok diminta untuk tinggal dirumah dan acara-acara besar di ruang publik dibatalkan.

Dampaknya pada perekonomian pun langsung terlihat pada arus penumpang. Wakil Menteri Transportasi Tiongkok Liu Xiaoming menjelaskan secara keseluruhan arus perjalanan pada hari pertama Tahun Baru Imlek, Sabtu (25/1), turun 28,8% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Secara perinci, perjalanan udara turun 41,6%, kereta api turun 41,5%, dan transportasi jalan turun 25%.

 (Baca: Korban Meninggal Akibat Virus Corona Bertambah Jadi 80 Orang)

Pada Minggu (27/1), China Railway Chengdu juga mengumumkan akan menghentikan beberapa rute kereta api berkecepatan tinggi, termasuk beberapa ke Shanghai hingga awal Februari.

Namun, gangguan ini diperkirakan hanya merupakan indikasi awal dari permasalahan yang dapat terjadi pada perekonomian Tiongkok dalam jangka panjang.

Mengutip data Bloomberg, Shanghai Stock Exchange Composite Index pada perdagangan hari ini hingga pukul 12.00 WIB sudah anjlok 2,75%, melanjutkan penurunan pekan lalu yang mencapai lebih dari 3%. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...