Gasifikasi Pembangkit Listrik, PLN Hemat Biaya Operasional Rp4 Triliun

Image title
28 Januari 2020, 18:57
pln, gasifikasi pembangkit listrik,
ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN
Ilustrasi jaringan listrik tegangan tinggi PLN. Kebijakan gasifikasi akan mulai diimplementasikan.

Perusahaan Listrik Negara atau PLN menyatakan akan mengganti sejumlah pembangkit listrik berbahan bakar minyak (BBM) menjadi bahan bakar gas. Hal ini seiring dengan terbitnya Keputusan Menteri ESDM No. 13 Tahun 2020 tentang gasifikasi pembangkit tenaga listrik.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan gasifikasi bertujuan mengurangi biaya operasi pembangkit serta mendukung upaya pemerintah mengurangi impor BBM untuk memperbaiki defisit neraca perdagangan. PLN pun telah memetakan perencanaan konstruksi pembangkit serta rencana pengoperasian pembangkit yang menggunakan BBM dan gas.

Advertisement

"Sebagai bentuk implementasi Kepmen ESDM no 13/2020 mengenai gasifikasi, PLN telah lakukan identifikasi untuk perencanaan konstruksi pembangkit," ujar Zulkifli dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VII DPR RI, Selasa (28/1).

Dia menjelaskan bahwa konsumsi BBM untuk pembangkit listrik pada 2019 mencapai 2,6 juta kilo liter (KL). Oleh karena itu, kebijakan gasifikasi pembangkit listrik akan menghemat konsumsi BBM menjadi sebesar 1,6 juta KL. "Estimasi pengurangan biaya operasi sebesar Rp 4 triliun," kata Zulkifli.

(Baca: PLN Tingkatkan Penggunaan Gas PGN Untuk Pembangkit Listrik)

Adapun berdasarkan isi Kepmen tersebut, poin pertama menyatakan menugaskan Pertamina untuk melaksanakan penyediaan pasokan dan pembangunan infrastruktur liquefied natural gas (LNG) PLN pada setiap pembangkit listrik dalam penyediaan tenaga listrik.

Kedua, pemerintah menugaskan PLN untuk melaksanakan kegiatan gasifikasi pembangkit tenaga listrik dan pembelian LNG dari Pertamina dalam rangka konversi penggunaan BBM jenis high speed diesel dengan LNG.

Ketiga, dalam rangka percepatan penyelesaian pembangunan infrastruktur LNG, Pertamina dapat menunjuk anak perusahaan atau aflliasinya yang telah memiliki pengalaman dalam perencanaan serta pembangunan infrastruktur untuk penerimaan, penyimpanan dan regasifikasi LNG.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement