Korban Meninggal Virus Corona di Tiongkok Bertambah jadi 132 Orang

Agustiyanti
29 Januari 2020, 11:19
tiongkok, virus corona, korban meninggal, infeksi virus corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter
Ilustrasi. Sejumlah negara mulai mengevakuasi warganya dari Wuhan, pusat penyebaran virus corona.

Total korban meninggal akibat virus corona di Tiongkok bertambah 26 orang pada Selasa (28/1) menjadi 132 orang. Sementara jumlah kasus melonjak menjadi 5.974.

Dikutip dari Reuters, data yang dirilis Komisi Kesehatan Tiongkok pada Rabu (29/1) menyebutkan sebagian besar korban berada di Provinsi Hubei yang saat ini sudah ditutup.

Advertisement

Sejumlah negara pun berupaya mengevakuasi warganya dari Wuhan, kota di Hubei yang menjadi pusat epidemik. Jepang secara bertahap mengevakuasi 650 warganya dari Wuhan dengan 206 orang telah tiba menggunakan pesawat di Bandara Haneda pada hari ini.

Pemerintah AS juga mengirimkan pesawat ke Wuhan untuk mengevakuasi warganya pada hari ini tanpa menyebut total yang diangkut. Kedutaan besar di Beijing mengatakan sebelumnya pesawat sewaan akan mengangkut para staf kedutaan.

Australia juga menyatakan akan mengevakuasi warganya dan mengkarantina mereka di Pulau Christmas, lokasi terpencil di Samudra Hindia yang terkenal dengan perumahan bagi para pencari suaka.

(Baca: Corona Meluas, Menkumham Kaji Pencabutan Bebas Visa Warga Tiongkok)

Kasus-kasus baru dilaporkan di seluruh dunia termasuk Jerman, di mana empat orang dari perusahaan yang sama terinfeksi setelah salah satu dari mereka tertular dari koleganya saat mengunjungi Tiongkok.

Kasus di Jerman meningkatkan kekhawatiran tentang penyebaran virus dari manusia ke manusia yang dapat ditularkan dalam bentuk tetesan dari batuk dan bersin dan memiliki masa inkubasi hingga 14 hari.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement