Bukalapak dan Shopee Pantau Lonjakan Harga Masker Efek Virus Corona

Desy Setyowati
3 Februari 2020, 10:57
Bukalapak dan Shopee Respons Lonjakan Harga Masker Efek Virus Corona
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani
Ilustrasi, seorang dokter memperlihatkan masker dan baju pelindung sekali pakai di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gambiran, Kota Kediri, Jawa Timur, Kamis (30/1/2020).

Belakangan ini harga masker melonjak di beberapa negara, seiring mewabahnya virus corona. Begitu juga di Indonesia, harganya naik berkali-kali lipat di sejumlah e-commerce. Bukalapak dan Shopee pun mengambil tindakan terkait hal itu.

Public Relations Shopee Aditya Maulana Noverdi mengatakan, perusahaannya akan terus memantau perkembangan harga produk di platform. Selain itu, Shopee akan berkomunikasi dengan para mitra penjual untuk memastikan harga masker normal.

Advertisement

“Kami tidak akan menoleransi penjual yang menaikkan harga masker dengan besaran yang tidak masuk akal di tengah situasi sekarang ini,” kata Aditya kepada Katadata.co.id, Senin (3/2).

(Baca: Virus Corona Mewabah, Harga Masker di E-commerce Naik 5 Kali Lipat)

Begitu juga dengan Bukalapak. Head of Corporate Communication Bukalapak Intan Wibisono menyatakan, perusahaan memperbolehkan pelapak menentukan harga produk dan strategi penjualan masing-masing. “Akan tetapi, Bukalapak akan menindak pelapak yang memanfaatkan situasi pandemi demi meraup keuntungan tidak wajar dan menghalangi akses masyarakat untuk mendapatkan alat kesehatan,” katanya.

Pengguna pun bisa melaporkan pelapak yang menaikkan harga secara tidak wajar. “Akan segara di-takedown, sehingga pengguna tetap bisa mendapatkan produk masker yang dibutuhkan dengan kisaran harga normal,” kata Intan.

Intan menyampaikan, perusahaannya bekerja sama dengan produsen masker untuk memperbanyak stok di Bukalapak. Hal ini untuk menjaga agar harganya tetap stabil.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement