Strategi Wishnutama Genjot Pariwisata saat Penurunan Turis Tiongkok

Dimas Jarot Bayu
5 Februari 2020, 09:06
Ini Siasat Wishnutama Genjot Pariwisata & Antisipasi Penurunan Turis.
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio (kanan) mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (29/1/2020). Wishnutama mengungkapkan sejumlah strategi untuk mengantisipasi penurunan wisatawan seiring merebaknya virus corona.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio bakal mendorong masyarakat Indonesia untuk berwisata di dalam negeri. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi penurunan kunjungan wisatawan dari Tiongkok ke Tanah Air seiring merebaknya virus corona.

Pasalnya, pemerintah akan membatasi warga Tingkok yang datang ke Indonesia untuk mencegah penyebaran virus, salah satunya caranya dengan menutup sementara penerbangan dari dan ke Tiongkok  mulai Rabu (5/2) pukul 00.00 WIB. 

"Kita ingin mendorong agar turis domestik untuk tetap berwisata di Indonesia," kata Wishnutama di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2).

(Baca: Menpar Taksir Pariwisata RI Rugi Rp 54 Triliun Akibat Virus Corona )

Dia menyebut, ada dua alasan mendorong masyarakat Indonesia berwisata di dalam negeri. Pertama, untuk menghidupkan pariwisata lokal setelah ada penutupan penerbangan dan pembatasan kedatangan warga Tiongkok.

Kedua, untuk mengantisipasi masyarakat Indonesia terjangkit virus corona ketika berpergian ke luar negeri. Sebab, tak hanya Tiongkok yang sudah terjangkit epidemi tersebut.

Setidaknya terdapat 24 negara yang juga mengkonfirmasi keberadaan pasien positif virus corona, seperti Amerika Serikat, Australia, Filipina, Finlandia, India, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kamboja, Kanada.

Kemudian, Korea Selatan, Malaysia, Nepal, Prancis, Rusia. Lalu, Singapura, Spanyol, Sri Lanka, Swedia, Taiwan, Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab.

"Kalau traveling (ke luar negeri) pasti ada potensi virus coronanya juga," kata Wishnutama.

Selain itu, Wishnutama akan meminta beberapa maskapai mengalihkan tujuan penerbangan yang sebelumnya ke Tiongkok menjadi ke rute dalam negeri. Ini mengingat rute penerbangan dari dan ke Tiongkok juga akan ditutup.

(Baca: Luhut Ramal Kunjungan Wisman Bakal Turun akibat Virus Corona)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...