Kementerian ESDM Sebut Harga Batu Bara Naik Terdorong Isu Virus Corona

Image title
6 Februari 2020, 18:08
esdm, batu bara, virus corona
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Ilustrasi, kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang,Sumatera Selatan, Rabu (15/1/2020). Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan harga batu bara acuan pada Februari 2020 sebesar US$ 66,89 per ton.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan harga batu bara acuan (HBA) pada Februari 2020 sebesar US$66,89 per ton, naik dari bulan sebelumnya sebesar US$ 65,93 per ton. Kenaikkan harga tersebut dipengaruhi penyebaran virus corona di Tiongkok. 

Menurut Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi, penyebaran virus corona yang berpusat di Kota Wuhan, Provinsi Hubei tersebut telah membuat pasokan batu bara dari Tiongkok mengalami penurunan. "Berkurangnya pasokan batu bara dari tambang di Tiongkok karena libur Tahun Baru Imlek dan penyebaran virus," kata Agung kepada Katadata.co.id, Kamis (6/2).

Kebakaran hutan di Australia juga mempengaruhi pasokan batu bara dari beberapa produsen utama dunia. Sedangkan permintaan batu bara meningkat karena musim dingin yang terjadi di Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan.

Pada tahun ini pemerintah menargetkan produksi batu bara sebesar 550 juta ton. Sedangkan realisasi produksi pada tahun lalu mencapai 610 juta ton atau melebihi target dalam Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) 2019 sebesar 489 juta ton.

(Baca: Virus Corona Tekan Ekonomi Tiongkok, Dunia Waspadai Perlambatan Global)

Di sisi lain, jumlah korban meninggal akibat wabah virus corona di Tiongkok menyentuh angka 563 orang. Sedangkan jumlah kasus mencapai yang terinfeksi mencapai 28 ribu orang. Para ahli terus mengintensifkan upaya untuk menemukan vaksin virus tersebut.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...