Aksi Ambil Untung Buat Harga Minyak Naik 1% di Tengah Isu Virus Corona

Image title
11 Februari 2020, 10:11
harga minyak, virus corona
Katadata
Ilustrasi, kilang minyak. Harga minyak pada Selasa (11/2) naik 1% setelah aksi ambil untung para investor. Biarpun begitu, virus corona akan membayangi harga minyak terutama setelah korban tewas akibat virus tersebut mencapai lebih dari 1.000 orang di Tiongkok.

Harga minyak berhasil naik lebih dari 1% pada perdagangan Selasa (11/2) setelah investor melancarkan aksi ambil untung. Namun, pasar tetap khawatir terhadap penyebaran virus corona yang telah menewaskan lebih dari 1.000 orang di Tiongkok.

Dikutip dari Bloomberg pada pukul 9.00 WIB Selasa (11/2), harga minyak Brent untuk kontrak April 2020 naik 1,30% ke level US$ 53,96 per barel. Sedangkan harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak Maret 2020 meningkat 1,11% menjadi US$ 50,12 per barel.

Advertisement

Harga minyak yang terus anjlok sejak awal Januari membuat investor berani mengambil untung. "Saya tahu volumenya sangat rendah hari ini. Secara teknikal kami dalam level support dan itu mungkin membuat aksi ambil untung," kata Chief Market Strategist di CMC Markets Michael McCarthy seperti dikutip Reuters pada Selasa (11/2).

Namun, penyebaran virus corona akan tetap membayangi harga minyak. Apalagi jumlah kematian akibat virut tersebut telah mencapai 1.016 orang di Tiongkok. Sedangkan jumlah orang yang terinfeksi di negeri tersebut mencapai 42.600 orang.

Virus tersebut juga menyebar di 24 negara yang membuat World Health Organization (WHO) pada Senin (10/2) menyatakan kekhawatirannya bahwa kasus di luar Tiongkok bisa menjadi lebih besar.

(Baca: Permintaan Minyak Lemah Akibat Corona, Harga ICP Turun Jadi US$ 65)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement