Kinerja Dikritik Erick Thohir, Saham Telkom Turun 1,83%

Image title
13 Februari 2020, 14:04
harga saham telkom, tlkm, erick thohir
Arief Kamaludin|KATADATA
Harga saham Telkom siang ini turun 1,83% setelah kinerjanya dikritik Menteri BUMN Erick Thohir.

Harga saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk atau Telkom pada perdagangan sesi pertama Kamis (13/2) turun 1,83% menjadi Rp 3.750 per saham. Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengkritisi kinerja perusahaan telekomunikasi pelat merah tersebut .

Saham Telkom sebenarnya sempat naik tipis 0,26% menjadi Rp 3.830 per saham. Namun setelah itu harganya terus turun. Total transkasi pada saham ini sepanjang sesi I sebanyak 14,6 juta unit saham dengan nilai transaksi sebesar Rp 55,32 miliar. Adapun nilai kapitalisasi pasar saham ini mencapai Rp 371,4 triliun.

Investor asing pun tercatat melakukan penjualan pada saham ini sejak awal tahun dengan nilai bersih Rp 455,91 miliar di pasar reguler, meski di pasar negosiasi dan tunai membeli dengan nilai bersih Rp 146,94 miliar. Adapun sepanjang tahun ini atau secara year to date (ytd) harga saham Telkom sudah terkoreksi sebesar 5,54%.

Seperti diketahui Ercik mengkritisi kinerja bisnis Telkom yang setoran dividennya ke negara lebih banyak disumbangkan oleh entitas anaknya, PT Telekomunikasi Seluler atau Telkomsel. Sehingga menurutnya, lebih baik induknya tidak ada supaya Kementerian BUMN mendapatkan  pembagian dividen yang lebih jelas.

(Baca: 70% Pendapatan Disumbang Telkomsel, Erick: Lebih Baik Tidak Ada Telkom)

"Lebih baik tidak ada Telkom, langsung dimiliki oleh Kementerian BUMN, dividennya lebih jelas," kata Erick di Menara Mandiri, Jakarta, Rabu (12/2).

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...