Terbelit Jiwasraya, Ada Sekuritas dan Asuransi yang Gagal Bayar?

Image title
13 Februari 2020, 19:37
wanaartha life, Kresna Asset Management, wanaartha gagal bayar, Kresna Asset Management, pemblokiran rekening efek, OJK, Jiwasraya, Korupsi Jiwasraya
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Layar pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (7/10/2019).

Beberapa perusahaan sekuritas dan asuransi dikabarkan mengalami gagal bayar kepada nasabah lantaran rekening efeknya ikut diblokir oleh Kejaksaan Agung terkait pengusutan kasus Jiwasraya. Klarifikasi mulai mengalir dari perusahaan dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengenai kabar ini.

Salah satu perusahaan yang sempat diberitakan mengalami gagal bayar yaitu Kresna Asset Management. Namun, manajemen perusahaan membantah informasi tersebut melalui surat tertulis pada Kamis (13/2).

Semua produk yang dikeluarkan perusahaan dipastikan tidak pernah dalam keadaan gagal bayar, termasuk produk reksa dananya. “Sampai dengan hari ini, tidak ada satu pun produk reksa dana Kresna Asset Management yang tidak bisa dicairkan,” demikian tertulis.  

(Baca: Transaksi di Bursa Saham Anjlok 20%, Diduga Terkait Pemblokiran Bandar)

OJK memberikan informasi yang sama tentang Kresna Aset Management dan afiliasinya yaitu Kresna Life. “Sementara ini masih berjalan normal, tidak terkait dengan upaya penelusuran aset/rekening oleh pihak Kejaksaan Agung,” kata Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK Anto Prabowo, melalui pernyataan tertulis.

Perusahaan asuransi Wanaartha Life juga santer dikabarkan mengalami gagal bayar. Terdapat surat yang diduga berasal dari manajemen kepada nasabah. Isinya, penjelasan tentang penyebab keterlambatan pembayaran klaim asuransi jatuh tempo. Keterlambatan disebut akibat “Kejadian yang di luar kendali” yakni pemblokiran rekening efek oleh pihak berwenang.

Katadata.co.id mencoba untuk menghubungi Presiden Direktur Wanaartha Life Yanes Matulatuwa guna mendapatkan penjelasan, namun hingga berita ini ditulis, belum ada respons. Deputi OJK Anto yang memberikan klarifikasi soal Kresna Aset Management juga belum merespons pertanyaan seputar Wanaartha Life.  

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...