IHSG Diprediksi Bertahan di Zona Merah, Simak Saham Pilihan Analis

Penulis: Ihya Ulum Aldin

Editor: Agustiyanti

14/2/2020, 06.40 WIB

Sentimen positif dari dalam negeri yang masih minim akan membuat IHSG bertahan di zona merah.

IHSG, saham, rekomendasi saham, ihsg menurun
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Ilustrasi. IHSG pada perdagangan kemarin (14/2) turun 0,7% ke level 5.871.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi kembali menurun pada perdagangan Jumat (14/2). Sentimen positif yang masih minim dari dalam negeri membuat indeks sulit melangkah dari zona merah. 

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan menjelaskan rentang penurunan indeks  sebenarnya sudah mulai terbatas di area jenuh jual berdasarkan analisis teknikal.  "Namun saat ini masih minim sentimen pendorong terutama dari dalam negeri," ujar Dennies, dikutip Jumat (14/2). 

Dia pun memperkirakan IHSG bergerak pada area support di antara 5.845 hingga 5.818 dan resistance di antara 5.956 hingga 5.914. Beberapa saham yang dapat menjadi pilihan yakni PT PP Tbk atau PTPP, PT Surya Citra Media Tbk atau SCMA, dan PT Medco Energi Internasional Tbk atau MEDC.

(Baca: Jadi Masalah Global, BI Hitung Virus Corona Sebagai Risiko Inflasi RI)

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi memprediksi IHSG hari ini bakal kembali tekoreksi berdasarkan analisis secara teknikal. "Peluang teknikal rebound menipis dengan potensi lanjutkan pelemahan pada support resistance 5.840-5.930," kata Lanjar.

Adapun saham yang masih dapat dilirik investor, yakni PT Indofood Sukses Makmur Tbk atau INDF, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, PT Perusahaan Gas Negara Tbk atau PGN, PT Adhi Karya Tbk atau ADHI, PT United Tractors Tbk atau UNTR, PT Bumi Serpong Damai Tbk atau BSDE, PT Astra Internasional Tbk atau ASII, dan PT Adaro Energy Tbk atau ADRO. 

Senada,  Analis Binaartha Sekuritas, M. Nafan Aji Gusta Utama yang memprediksi indeks hari ini akan bergerak terkoreksi berdasarkan analisis teknikal.  "Adanya potensi bearish continuation (pelemahan lanjutan) pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke support terdekat," katanya.

(Baca: Lonjakan Terbesar Korban Meninggal Corona, Bursa Saham Asia Turun)

Area support yang dimaksud Nafan berada pada rentang level 5.839 hingga 5.767. Sementara itu, peluang berada di area resistance berada pada rentang 5.939 hingga 5.988.

Sementara saham yang ia rekomendasikan, antara lain PT Astra Agro Lestari Tbk atau AALI, PT Astra Internasional Tbk atau ASII, PT Bank CIMB Niaga Tbk atau BNGA, PT Krakatau Steel atau KRAS, PT PP Presisi Tbk atau PPRE, dan PT Sumarecon Agung Tbk atau SMRA. 

IHSG pada perdagangan kemarin turun 0,7% ke level 5.871. Bursa saham Wall Street tadi malam juga ditutup di zona merah. Nasdaq Composite turun 0,14%, Dow Jones Industrial Average 0,14%, dan S&P Index 0,16%. 

Reporter: Ihya Ulum Aldin

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan