Pengadaan Rig Terlambat, Jadwal Produksi Bukit Tua Phase-3 Mundur

Image title
14 Februari 2020, 20:54
SKK Migas, Proyek Migas Beroperasi Tahun Ini , Bukit Tua Phase 3
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi Blok Migas

SKK Migas menyebut jadwal produksi dari proyek Bukit Tua Phase 3 kembali mundur dari rencana yaitu Januari tahun ini. Padahal, jadwal ini sudah mundur dari rencana awal yaitu kuartal IV tahun lalu. Salah satu alasannya yakni terlambatnya pengadaan rig untuk pengeboran.

Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno menjelaskan, rig pengeboran yang seharusnya tersedia sejak Mei 2019, baru datang pada November 2019. Selain itu, volume hidrokarbon dari hasil pengeboran tidak sesuai harapan.

"Sehingga sedang diupayakan pengeboran side track ke arah target yang berbeda dimana butuh waktu dua bulan," ujar Julius kepada Katadata.co.id, Jumat (14/2). Perkiraannya, proyek yang dikerjakan oleh Petronas Carigali Ketapang III Ltd. ini baru bisa berproduksi pada April mendatang.

(Baca: Pembebasan Lahan Blok Masela Terkendala, SKK Migas: Beres Tahun Ini)

Proyek ini merupakan bagian dari pengembangan lapangan migas Bukit Tua. Proyek ini digadang-gadang mampu memberikan tambahan produksi hidrokarbon sebesar 31,5 juta standar kaki kubik per hari (MMscfd) gas dan sekitar 3.000 barel per hari (BPD).

Proyek Bukit Tua Phase-3 masuk dalam daftar 12 proyek yang direncanakan berproduksi (onstream) tahun ini. Dari 12 proyek tersebut, tiga di antaranya sudah rampung dikerjakan.

Pertama, proyek Grati Pressure Lowering yang dikerjakan oleh Ophir Indonesia (Sampang) Pty. Ltd. dengan kapasitas produksi 30 MMscfd dan estimasi produksi 30 MMscfd. Kedua, proyek Sembakung Power Plant yang dikerjakan oleh Pertamina.

(Baca: Target 1 Juta Barel Maju Jadi 2025, Pertamina Akselerasi Pengeboran)

Terakhir, proyek Randu Gunting yang dikerjakan oleh Pertamina Hulu Energi (PHE) Randu Gunting dengan kapasitas produksi 5 MMscfd dan estimasi produksi 3 MMscfd. "Proyek Randugunting tinggal menunggu penyelesaian pembelinya," ujar Julius.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...