Punya 2 Miliar Pengguna, WhatsApp Paparkan Sederet Fitur Keamanan

Cindy Mutia Annur
14 Februari 2020, 14:56
WhatsApp, jumlah pengguna whatsapp, fitur keamanan whatsapp
PXHERE.COM
Ilustrasi WhatsApp

WhatsApp mengumumkan jumlah akun penggunanya sudah mencapai 2 miliar atau seperempat dari populasi dunia. Perusahaan aplikasi media sosial tersebut pun menyatakan komitmennya dalam menjaga keamanan akun pengguna.

WhatsApp menyatakan setiap pertukaran pesan penggunanya dilindungi oleh sistem enkripsi unjung-ke-ujung (end-to-end encryption). "Berarti tidak ada orang lain selain Anda dan orang dalam percakapan yang dapat membaca atau mendengar konten pesan tersebut, bahkan WhatsApp sekalipun," demikian tertulis dalam siaran pers perusahaan, Kamis (14/2).

Pesan milik pengguna juga ditempatkan di perangkat pengguna sehingga aman. Lebih lanjut, pengguna pun bisa memperketat pengamanan dan mengontrol privasinya dengan beberapa fitur yang telah disediakan perusahaan.

(Baca: Keamanan Diragukan, Pengguna WhatsApp Justru Tembus 2 Miliar)

Pertama, fitur verifikasi dua langkah. Fitur ini memberikan keamanan tambahan yang mengharuskan pengguna untuk memasukkan PIN enam digit saat mengatur ulang dan memverifikasi akun WhatsApp. Fitur ini berfungsi untuk mencegah orang lain mengakses akun WhatsApp pengguna apabila kartu SIM dicuri atau nomor pengguna rusak.

Kedua, fitur pengaturan privasi profil. Pengguna memiliki kewenangan untuk mengontrol informasi apa saja yang dapat dibagikan dengan orang lain. Pengguna dapat membatasi fitur terakhir dilihat (last seen), foto profil, tentang (about), dan status.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...