Tekan Dampak Negatif Corona, Kadin Dorong Diversifikasi Pasar Ekspor

Image title
14 Februari 2020, 20:04
Tekan Dampak Negatif Corona, Kadin Usul Diversifikasi Pasar Ekspor
ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Petugas memeriksa peti kemas sebelum dimuat di atas truk di Terminal Teluk Lamong, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (13/2/2020). Kadin dorong peemrintah mendiversifikasi perdagangan sebagai antisipasi perlambatan ekonomi Tiongkok.

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) mendorong pemerintah mendiversifikasi produk perdagangan atau pasar di tengah ancaman wabah virus corona. Hal tersebut merupakan salah satu upaya menjaga pertumbuhan ekonomi dalam negeri di tengah ancaman perlambatan ekonomi Tiongkok akibat wabah. 

Penyebaran virus corona yang semakin masif, berpotensi menyebabkan ekonomi Tiongkok melambat sebesar 1%-2% dan berdampak terhadap ekonomi hampir di semua negara. Sebab, Negeri Tirai Bambu itu memiliki hubungan dagang dengan hampir seluruh negara di dunia. 

(Baca: Wabah Corona Ikut Guncang Pariwisata Dunia )

Wakil Ketua Kadin Bidang Hubungan Internasional, Shinta W Kamdani mengatakan, penurunan pertumbuhan ekonomi Tiongkok 1% bisa berdampak negatif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 0,3-0,6%. Oleh sebab itu, diversifikasi perdagangan dipercaya akan mampu menjaga pertumbuhan ekonomi.

"Kalau kita bisa prudent, menjaga stabilitas makro ekonomi dengan mendiversifikasi perdagangan dengan lebih gencar, maka tidak ada alasan untuk khawatir Indonesia akan resesi hanya karena pertumbuhan Tiongkok turun 1-2%," kata dia saat dihubungi katadata.co.id, Jumat (14/2).

Menurut dia, dengan tolak ukur pertumbuhan tahun lalu sebesar 5%, proyeksi pertumbuhan Tanah Air tahun lalu, seharusnya bisa 4,4-4,7% di tahun ini. Kendati lebih rendah, angka tersebut dinilai cukup baik di antara negara-negara berkembang.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...