ExxonMobil Kumpulkan Data untuk Eksplorasi Migas di Wilayah Terbuka

Image title
17 Februari 2020, 15:09
exxonmobil. eksplorasi migas
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi, logo ExxonMobil. Perusahaan asal Amerika Serikat itu tengah mengumpulkan data dari Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas atau SKK Migas untuk melaksanakan kegiatan eksplorasi migas di wilayah terbuka.

ExxonMobil Cepu Ltd berencana melaksanakan kegiatan eksplorasi migas di wilayah terbuka. Perusahaan asal Amerika Serikat itu pun terus mengevaluasi beberapa wilayah kerja yang berpotensi memiliki cadangan migas. 

Vice President Public and Government Affairs, ExxonMobil Indonesia Azi Alam menjelaskan pihaknya masih membutuhkan pemetaan yang lebih lengkap dan mendalam untuk memulai kegiatan eksplorasi di wilayah terbuka. Pihaknya pun tengah mengumpulkan data dari Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas atau SKK Migas. 

"Ini komitmen kami. Kami juga sudah berkunjung ke SKK Migas untuk melihat potensi yang bisa kami gali," ujar Azi saat ditemui di Jakarta, Senin (17/2).

Meski begitu, Azi menilai eksekusi eksplorasi tergantung dari berapa lamanya hasil evaluasi dan kelengkapan data yang didapat oleh ExxonMobil. "Potensi di seluruh Indonesia, tergantung hasil evaluasi," ujarnya.

(Baca: Produksi Blok Cepu dalam 14 Tahun Setara POD, Jumlahnya 357 Juta Barel)

Dikonfirmasi secara terpisah, Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno menegaskan bahwa ExxonMobil belum merealisasikan rencana eksplorasi di wilayah terbuka. Biarpun begitu, sudah ada beberapa Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang memulai studi bersama (joint study) untuk mencari cadangan migas baru.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...