Bebas Corona, 188 WNI Awak Kapal Pesiar World Dream Dijemput TNI AL

Happy Fajrian
24 Februari 2020, 08:46
Kapal pesiar World Dream yang dilarang memasuki Taiwan di tengah kekhawatiran infeksi virus korona diantara penumpangnya, berlabuh di Kai Tak Cruise Terminal di Hong Kong, China, Rabu (5/2/2020).
ANTARA FOTO/REUTERS/Tyrone Si
Sebanyak 188 awak Kapal pesiar World Dream asal Indonesia dipulangkan dengan dijemput kapal TNI AL di dekat Kepulauan Bintan.

Sebanyak 188 warga negara Indonesia (WNI) yang berkerja di kapal pesiar World Dream dipulangkan, dijemput oleh kapal TNI Angkatan Laut. Operasional kapal pesiar asal Hong Kong ini dihentikan seiring merebaknya wabah virus corona, COVID-19.

"Kami lepas jangkar di perairan internasional di dekat Kepulauan Bintan untuk memindahkan para awak ke kapal TNI AL," kata Michael Goh selaku President of Dream Cruises, Minggu (23/2).

Sebagai tindakan pencegahan tambahan, otoritas dari pemerintah Indonesia juga akan mengimplementasikan pemeriksaan kesehatan dan prosedur observasi bagi anggota kru berkebangsaan Indonesia yang dipindahkan.

Michael Goh menyebutkan Dream Cruises telah mengambil keputusan untuk menghentikan sementara kegiatan operasional kapal pesiar World Dream dari Hong Kong sejak 9 Februari 2020.

(Baca: Kekhawatiran Meningkat Seiring Lonjakan Kasus Corona di Luar Tiongkok)

Terkait hal itu, Departemen Kesehatan Hong Kong mengonfirmasi bahwa semua penumpang dan anggota kru yang berlayar pada pelayaran terakhir telah melalui pemeriksaan kesehatan ekstensif dan pemeriksaan suhu tubuh.

Semua sampel yang diambil dari anggota kru menunjukkan hasil negatif virus corona dan kapal pesiar tersebut telah mendapatkan sertifikasi bebas  virus mematikan tersebut dari Departemen Kesehatan Pelabuhan di Hong Kong.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...