Dampak Corona, IMF Ramal Laju Ekonomi Tiongkok Terendah dalam 30 Tahun

Ameidyo Daud Nasution
23 Februari 2020, 12:47
tiongkok, imf, virus corona
ANTARA FOTO/REUTERS/China Daily
Pasien virus corona di Wuhan Parlor Convention Center, Tiongkok (15/2). Wabah ini membuat IMF memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Tiongkok 2020 hanya 5,6% atau terendah sejak 1990.

Wabah virus corona Covid-19 yang merebak di Tiongkok membuat Dana Moneter Internasional (IMF) memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Negeri Panda tersebut. IMF memprediksi ekonomi Tiongkok hanya tumbuh 5,6% dari sebelumnya 6%.

Ini berarti laju ekonomi Tiongkok diramal menjadi yang terendah dalam 30 tahun. Terakhir kali Tiongkok mencatat pertumbuhan ekonomi di bawah 6% adalah tahun 1990. Saat itu laju ekonomi mereka hanya mencapai 3,9%.

Hal ini dikatakan Managing Director IMF Kristalina Georgieva dalam pertemuan pemimpin keuangan 20 negara ekonomi terbesar dunia (G20) di Riyadh hari Sabtu (22/3) kemarin. Tak hanya itu, pertumbuhan ekonomi dunia diprediksi juga melambat 0,1% akibat virus corona. “Namun dampaknya (terhadap ekonomi dunia) akan kecil dan relatif pendek,” kata Georgieva dilansir dari Nikkei, Minggu (23/2).

(Baca: Korban Tewas Corona Capai 2.360 Jiwa, WHO Beri Peringatan Penularan)

Tiongkok tidak mengirim Menteri Keuangan serta Gubernur bank sentralnya dalam pertemuan tersebut. Georgieva juga mengatakan meski ada ketidakpastian, namun IMF memperkirakan ekonomi Tiongkok akan kembali normal pada bulan April hingga Juni mendatang.

Salah satu negara yang terancam ekonominya karena virus corona di Tiongkok adalah Jepang. Gubernur Bank Sentral Jepang Haruhiko Kuroda mengatakan ekspor Jepang hingga kedatangan turis Tiongkok bisa turun karena wabah ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...