IHSG Diramal Turun Lagi Efek Virus Corona, Saham BUMN Direkomendasikan

Image title
3 Maret 2020, 06:17
IHSG Diramal Turun Lagi Efek Virus Corona, Saham BUMN Direkomendasikan
ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR
Ilustrasi, karyawan beraktivitas di dekat grafik pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (2/8/2019).

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi turun pada perdagangan hari ini (3/3), meneruskan tren koreksi yang terjadi kemarin 1,68% ke level 5.361. Penyebabnya, pasar masih mengkhawatirkan penyebaran virus corona.

"Kecemasan terkait virus corona masih membayangi, baik dari global dan domestik," kata Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan dalam riset tertulisnya dikutip Selasa (3/3).

Advertisement

Ia memperkirakan, IHSG akan bergerak turun secara teknikal dengan rentang support 5.314-5.266. Meski begitu, indeks berpeluang bergerak ke area resistance antara 5.538 hingga 5.450.

"Terlihat tren bearish (pelemahan) masih cukup kuat dan belum ada sentimen positif yang mampu menopang IHSG," katanya. Ada beberapa saham yang ia rekomendasikan, yakni XL Axiata (EXCL), Indo Tambangraya Megah (ITMG), dan Ciputra Development (CTRA).

(Baca: Dana Asing Kabur dari Bursa Rp 5 Triliun, Saham Bank Besar Jadi Korban)

Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama juga menilai IHSG hari ini bergerak menurun berdasarkan analisis teknikal. "Mengindikasikan adanya potensi melanjutkan pelemahan pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke support terdekat," katanya.

IHSG berpotensi bergerak ke area support 5.288 hingga 5.228. Namun, indeks juga berpeluang berada di area resistance 5.526 hingga 5.623.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement