Mulai Langka, Ini Cara Membuat Hand Sanitizer Sesuai Rekomendasi WHO

Hari Widowati
3 Maret 2020, 10:39
virus corona, virus korona, mencegah virus corona, cara membuat hand sanitizer, hand sanitizer formulasi WHO, hand sanitizer home made, cairan pembersih tangan, berita terkini hari ini
123RF.com/Cakraphong Woratat
Cairan pencuci tangan berbasis alkohol (hand sanitizer) dan masker diburu konsumen setelah pemerintah mengumumkan ada dua WNI yang positif terjangkit virus corona.

Sebagian masyarakat panik setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan ada dua pasien yang positif terinfeksi virus corona (Covid-19) di Indonesia. Mereka memborong masker, hand sanitizer (cairan pencuci tangan berbasis alkohol), hingga bahan pangan.

Di beberapa apotek dan toko obat di Jakarta, stok masker dan hand sanitizer kosong. Kalaupun tersedia, harganya sudah naik berkali-kali lipat. Di Depok, harga satu kotak masker merek Sensi yang biasa dijual dengan harga Rp 30.000 kini melonjak hingga Rp 350 ribu atau hampir 12 kali lipat. Begitu pula di Pasar Pramuka, para pemilik kios melaporkan masker, hand sanitizer hingga cairan disinfektan habis terjual.

Advertisement

Sejauh ini, cara paling efektif untuk mencegah terinfeksi virus corona adalah dengan sering-sering mencuci tangan dengan air dan sabun atau menggunakan hand sanitizer. Pasalnya, virus corona terbungkus dengan lapisan lemak yang hanya bisa dilunturkan oleh air dan sabun maupun cairan pembersih tangan. Bagaimana jika hand sanitizer langka, apakah kita bisa membuat sendiri cairan pencuci tangan tersebut?

(Baca: Cegah Virus Corona, Cuci Tangan Lebih Efektif daripada Pakai Masker)

Cairan Pencuci Tangan Formulasi WHO

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan cairan pencuci tangan berbasis alkohol sebagai standar utama (gold standard) untuk menjaga kesehatan, khususnya kebersihan tangan. Untuk membantu negara-negara yang memiliki akses terbatas terhadap fasilitas untuk menjaga kebersihan tangan, WHO mengidentifikasi formulasi cairan pembersih tangan yang bisa diproduksi secara lokal.

Seperti dilansir situs who.int, berikut ini formulasi hand sanitizer atau cairan pencuci tangan berbasis alkohol yang bisa kita siapkan sendiri. Bahan-bahan yang digunakan bisa didapatkan di apotek atau toko farmasi.

Formula I
Untuk 1.000 ml cairan, komposisinya terdiri atas:
a. 833,3 ml ethanol dengan konsentrasi 96%
b. 41,7 ml hidrogen peroksida (H2O2) dengan kadar 3%
c. 14,5 ml gliserol dengan konsentrasi 98%
d. 110,5 ml air distilasi atau air matang yang sudah didinginkan
Aduk keempat bahan di dalam wadah hingga tercampur rata

Formula II
Untuk 1.000 ml cairan, komposisinya terdiri atas:
a. 751,5 ml isopropil alkohol (dengan kemurnian 99,8%)
b. 41,7 ml hidrogen peroksida dengan kadar 3%
c. 14,5 ml gliserol dengan konsentrasi 98%
d. 192,3 ml air distilasi atau air matang yang sudah didinginkan
Aduk rata keempat bahan di dalam wadah hingga tercampur rata

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement