Pemerintah Buka Keran Impor 438,8 Ribu Ton Gula Mentah

Rizky Alika
3 Maret 2020, 19:03
Pemerintah Buka Izin Impor 438,8 Ribu Ton Gula Mentah .
ANTARA FOTO/Dewi Fajriani
ilustrasi gula rafinasi. Kemendag telah menerbitkan izin impor gula mentah untuk memenuhi kebutuhan Lebaran.

Pemerintah telah menerbitkan izin impor gula mentah (raw sugar) sebanyak 438.802 ton. Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan, impor gula tersebut akan diolah oleh industri untuk menjadi gula kristal putih guna memenuhi kebutuhan konsumsi menjelang Lebaran.

"Perizinan impor (PI) gula mentah telah diterbitkan sebanyak 438.802 ton untuk memenuhi kebutuhan hingga Mei 2020," kata dia di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (3/3).

Advertisement

Agus mengatakan, impor gula mentah tersebut akan segera masuk beberapa hari mendatang. Adapun perizinan diberikan kepada perusahaan swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

(Baca: Harga Gula Terus Naik, Pemerintah Buka Keran Impor Pekan Ini)

Selain gula, Kemendag juga telah menerbitkan izin impor bawang putih sebanyak 25.829 ton. "Kami berkoordinasi dengan Kementan untuk mengeluarkan RIPH sehingga ada waktu buat dibagikan ke swasta," ujarnya.

Sebelumnya, Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) mengusulkan agar pemerintah menugaskan importasi 200 ribu ton gula kristal putih untuk mengisi pasokan gula pasir yang harganya naik menjadi Rp 14 ribu per kilogram.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement