Imbas Corona, Penumpang di Bandara AP II per Februari Turun 5%

Dimas Jarot Bayu
9 Maret 2020, 16:01
Imbas Corona, Penumpang di Bandara AP II per Februari Turun 5% .
ANTARA FOTO/Fauzan
Penumpang beraktifitas di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (20/12/2019) saat musim libur. Angkasa Pura perkirakan jumlah penumpang di bandara menyusut 4-5% dampak wabah virus corona.

PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II mencatat penurunan penumpang 4%-5% pada Februari 2020 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Penurunan tersebut disebabkan oleh menurunnya pergerakan pesawat di bandara-bandara yang dikelola perusahaan sebesar 6% akibat wabah virus corona.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, salah satu penyebab turunnya pergerakkan pesawat, dikarenakan adanya kebijakan penghentian sementara rute penerbangan maskapai dari dan menuju Tiongkok.

Advertisement

Trafik penumpang kian menyusut setelah pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara ibadah umrah dan perjalanan wisata ke negaranya pada 27 Februari 2020. “Kami sudah melakukan hal ini sampai dengan saat ini, proses masih berjalan,” kata Awaluddin di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (9/3).

(Baca: Cegah Corona, Kemenlu Larang Pendatang dari Iran, Italia, dan Korsel)

Dia pun memperkirakan penurunan penumpang dan pergerakan penerbangan berpotensi semakin bertambah. Hal ini dikarenakan pemerintah telah menutup penerbangan dari dan ke sejumlah kota di Korea Selatan, Iran, dan Italia sejak awal Maret 2020.

Menurutnya, ada 1110 penerbangan yang diperkirakan terdampak atas kebijakan tersebut. “Ini akan kurang lebih berdampak cukup signifikan terhadap penurunan pergerakan penumpang internasional yang kami perkirakan khusus utk Maret 2020 saja kurang lebih sekitar 9%,” kata Awaluddin.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement