Gudang Garam Gandeng AP I untuk Kelola Bandara di Kediri

Image title
10 Maret 2020, 16:47
Gudang Garam, GGRM, bandara, angkasa pura
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani
Ilustrasi, sosialisasi pembangunan bandara Kediri kepada warga penolak pembebasan lahan di Grogol, Kediri, Jawa Timur, Jumat (24/1/2020). Bandara yang bangun Gudang Garam itu bakal dikelola oleh Angkasa Pura I (AP I).

PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I bakal mengelola Bandara Dhoho Kediri di Jawa Timur. Proyek tersebut akan dibangun oleh PT Gudang Garam Tbk (GGRM).

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan Bandara Kediri itu dibangun dengan menggunakan konsep multi airport. Bandara tersebut diharapkan dapat menjadi alternatif karena daya tampung Bandara Juanda Surabaya yang sudah maksimal.

"Pembangunan Bandara Kediri sangat potensial karena dapat menjadi alternatif penerbangan,” ujar Faik usai penandatangan nota kesepahaman di kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (10/3).

Pada tahun lalu, Bandara Juanda tercatat melayani sekitar 16,6 juta penumpang dengan trafik mencapai 129 ribu pergerakan pesawat dan kargo mencapai 88,4 juta kilogram. Sedangkan tahap pertama Bandara Kediri bisa menampung 1,5 juta penumpang per tahunnya.

Selain itu, Bandara Kediri bisa digunakan untuk rute penerbangan baru di wilayah Jawa Timur. "Terutama dapat membuka area ke wilayah Tulungagung, Blitar, Ponorogo, Trenggalek, Madiun, Magetan dan lain lain," katanya.

(Baca: Bangun Bandara Kediri, Gudang Garam Taksir Kebutuhan Investasi Rp 6 T)

Direktur Gudang Garam Istata Taswin Siddharta menargetkan bandara itu bisa mulai dibangun pada pertengahan April 2020. Dia memprediksi proyek tersebut selesai dalam waktu paling cepat dua tahun.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...