Cegah Corona lewat "Work From Home", Kebutuhan Listrik Diprediksi Naik

Image title
16 Maret 2020, 15:25
kementerian esdm, virus corona, bekerja dari rumah, kebutuhan listrik
ANTARA FOTO/Septianda Perdana
Ilustrasi, pekerja melakukan pemeliharaan trafo jaringan arus listrik di Medan, Sumatera Utara. Kebijakan bekerja dari rumah akan membuat kebutuhan listrik rumah tangga meningkat.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memproyeksi kebutuhan listrik bagi rumah tangga akan semakin meningkat seiring dengan kebijakan bekerja dari rumah (work from home). Adapun kebijakan ini bertujuan untuk mencegah penularan virus corona Covid-19.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana menyampaikan, dengan berlakunya sistem bekerja dari rumah bagi karyawan, otomatis kebutuhan listrik untuk rumah tangga akan semakin meningkat. Oleh karena itu dia memastikan ketersediaan listrik untuk rumah tangga akan selalu ada.

Advertisement

"Ini kan hal yang mendasar kebutuhan listrik itu, apalagi orang disuruh stay di rumah. Jangan sampai kerja di rumah listrik tidak ada," ujar Rida saat ditemui di Gedung Kementerian ESDM, Senin (16/3).

Meski demikian, masih butuh waktu bagi pemerintah untuk mengavaluasi kembali jumlah pasokan listrik yang saat ini dibutuhkan. Apalagi dengan berlakunya kebijakan tersebut, serapan listrik dari perkantoran diproyeksi mengalami kenaikan juga jika tidak dibarengi dengan efisiensi.

(Baca: PLN Jamin Pasokan Listrik selama Masa Penanganan Pandemi Corona)

"Kantor kan logikanya turun, minimum AC turun, karena setiap gedung itu listrik besar untuk AC dan lift. Kalau bisa berkurang lift," kata dia.

Kementerian yang Menerapkan Sistem Bekerja dari Rumah

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam pidatonya, Minggu (15/3), mengimbau masyarakat untuk belajar, bekerja, dan beribadah di rumah guna mencegah penyebaran virus corona. Sejumlah kementerian dan lembaga pemerintah mengeluarkan instruksi bagi para pegawainya untuk bekerja dari rumah.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement