PM Malaysia Umumkan Lockdown Selama Dua Pekan untuk Atasi Corona

Desy Setyowati
16 Maret 2020, 22:07
PM Malaysia Umumkan Lockdown Selama Dua Pekan Efek Virus Corona
Antara/Agus Setiwan
Perdana Menteri Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin

Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin mengumumkan lockdown selama dua pekan mulai 18 Maret guna meminimalkan penyebaran virus corona. Semua bisnis ditutup, kecuali toko yang menjual makanan dan kebutuhan sehari-hari.

"Kami tidak bisa menunggu lebih lama lagi untuk kemudian menjadi lebih buruk. Tindakan drastis harus segera dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit dengan membatasi pergerakan publik," kata Muhyiddin dikutip dari South China Morning Post, Senin (16/3).

Pemerintah Malaysia juga sudah melarang pertemuan dengan jumlah peserta yang banyak, termasuk kegiatan keagamaan, olahraga, sosial dan budaya. Semua kegiatan keagamaan di masjid ditangguhkan, termasuk salat Jumat.

(Baca: Perbedaan Lockdown dan Pembatasan Sosial dalam Tangani Pandemi Corona)

Semua warga Malaysia yang baru saja kembali dari luar negeri harus menjalani pemeriksaan kesehatan dan mengarantina diri sendiri selama 14 hari. Pemerintah juga akan membatasi wisatawan asing masuk, sementara warga Malaysia dilarang bepergian ke luar negeri.

Seluruh taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah, lembaga pendidikan tinggi negeri dan swasta hingga lembaga pelatihan keterampilan nasional akan ditutup.

Perdana menteri juga mengumumkan penutupan semua kantor pemerintah dan swasta, kecuali yang terkait layanan utama seperti air, listrik, energi, telekomunikasi, transportasi, penyiaran, keuangan, keamanan dan kesehatan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...