Incar Pasar Pendidikan RI, Transaksi Startup Pintro Tembus Rp 824 M

Desy Setyowati
17 Maret 2020, 04:55
Ilustrasi platform Pintro
Google Play Store
Ilustrasi platform Pintro

Pasar pendidikan di Indonesia dinilai potensial, karena jumlah pelajarnya banyak dan anggarannya besar. Startup penyedia solusi teknologi informasi (IT) Pintro bahkan mencatatkan transaksi Rp 824 miliar dalam 2,5 tahun dengan berfokus menyasar segmen ini.

Perusahaan ini berdiri pada 2005 dan mulai menyediakan layanan berbayar pada 2007. Pintro telah menggaet 200 lebih institusi pendidikan dengan lebih dari 250 ribu pengguna hingga 2017. Tahun ini, mereka menargetkan bisa menggaet 1.500 institusi pendidikan.

Advertisement

Pada 2017, Pintro menyediakan layanan pembayaran lewat kerja sama dengan perbankan seperti BCA, Bank Mandiri, BNI, dan BRI. Perusahaan rintisan ini juga bermitra dengan penyedia layanan teknologi finansial (fintech) pembayaran seperti Doku, serta fintech pembiayaan (lending) Kredivo dan Akulaku.

Layanan pembayaran itu sudah digunakan oleh 70 sekolah dengan 20 ribu lebih siswa. “Transaksinya mencapai 230 ribu lebih senilai Rp 824 miliar,” kata Business Development Manager Pintro Maya Rahmawati saat berkunjung ke kantor Katadata.co.id, akhir pekan lalu (12/3). Sekitar 70% di antaranya pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan atau SPP sekolah.

(Baca: Saingi GoPay, OVO Bisa Dipakai Bayar Kuliah dan Beri Cashback)

Perusahaan rintisan itu menyediakan layanan berbayar dan gratis. Dalam hal Software as a Services (SaaS), Pintro menyediakan solusi end to end mulai dari e-enrollment, e-payment, e-communication, e-canteen, e-mart, e-parking, e-presence, e-classroom hingga e-HRD.

Banyaknya layanan yang disediakan tergantung paket yang dipilih oleh insitusi pendidikan. “Biayanya mulai dari Rp 10 ribu per siswa per bulan. Di atas 2 ribu siswa ada negosiasi harga,” kata Maya.

Ia mengklaim layanan yang disediakan Pintro meningkatkan efisiensi kerja para guru. Selain itu, perkembangan masing-masing siswa menjadi lebih terukur.

(Baca: Startup Calon Kuat Unicorn ke-6 Ungkap Tantangan Pasar Pendidikan RI)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement