Viral saat Nadiem Jadi Menteri, Bayar SPP Kini Bisa Pakai GoPay

Desy Setyowati
17 Februari 2020, 13:53
Viral saat Nadiem Jadi Menteri, Bayar SPP Kini Bisa Pakai GoPay
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi Gopay di acara Indonesia Fintech Summit & Expo 2019 di Jakarta Convention Center,  Jakarta (23/9/2019). 

Meme tentang membayar Sumbangan Pembinaan Pendidikan atas SPP sekolah menggunakan GoPay sempat viral di media sosial, saat Pendiri Gojek Nadiem Makarim diangkat menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Kini, guyonan itu terwujud.

GoPay juga bisa dipakai untuk membayar buku, seragam hingga kegiatan ekstrakurikuler. Pembayaran dilakukan melalui fitur GoBills di aplikasi Gojek. Sekitar 180 lembaga pendidikan seperti pesantren, madrasah, sekolah dan tempat kursus di Indonesia telah terdaftar di GoBills.

Perluasan layanan seperti itu merupakan upaya Gojek untuk meningkatkan loyalitas pengguna. “Layanan terbaru ini membebaskan orang tua dan wali murid membayar pendidikan anak di mana dan kapan saja, tanpa harus hadir ke sekolah,” kata Senior Vice President Sales GoPay Arno Tse dalam siaran pers, hari ini (17/2).

(Baca: Persaingan Go-Pay dan OVO Meluas ke Sekolah hingga Kepolisian)

Sejak diluncurkan pada 2017, GoBills bisa digunakan untuk membayar berbagai jenis tagihan seperti pendidikan, air, listrik, pulsa, BPJS kesehatan, internet, TV kabel, asuransi, pajak hingga zakat. Pembayarannya bisa menggunakan GoPay.

Arno mengklaim, layanan itu memudahkan lembaga pendidikan mencatat transaksi. Daftar sekolah yang menerima pembayaran GoPay ini bisa dilihat di fitur GoBills. Beberapa di antaranya Al Azhar, Al Irsyad, BKB Nurul Fikri, LP3i, dan Pesantren An Nuqthah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...