Viral saat Nadiem Jadi Menteri, Bayar SPP Kini Bisa Pakai GoPay

Penulis: Desy Setyowati

17/2/2020, 13.53 WIB

Meme bayar SPP sekolah pakai GoPay sempat viral saat Nadiem diangkat menjadi Mendikbud pada Oktober 2019. Kini, guyonan warganet itu terwujud.

Viral saat Nadiem Jadi Menteri, Bayar SPP Kini Bisa Pakai GoPay
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi Gopay di acara Indonesia Fintech Summit & Expo 2019 di Jakarta Convention Center,  Jakarta (23/9/2019). 

Meme tentang membayar Sumbangan Pembinaan Pendidikan atas SPP sekolah menggunakan GoPay sempat viral di media sosial, saat Pendiri Gojek Nadiem Makarim diangkat menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Kini, guyonan itu terwujud.

GoPay juga bisa dipakai untuk membayar buku, seragam hingga kegiatan ekstrakurikuler. Pembayaran dilakukan melalui fitur GoBills di aplikasi Gojek. Sekitar 180 lembaga pendidikan seperti pesantren, madrasah, sekolah dan tempat kursus di Indonesia telah terdaftar di GoBills.

Perluasan layanan seperti itu merupakan upaya Gojek untuk meningkatkan loyalitas pengguna. “Layanan terbaru ini membebaskan orang tua dan wali murid membayar pendidikan anak di mana dan kapan saja, tanpa harus hadir ke sekolah,” kata Senior Vice President Sales GoPay Arno Tse dalam siaran pers, hari ini (17/2).

(Baca: Persaingan Go-Pay dan OVO Meluas ke Sekolah hingga Kepolisian)

Sejak diluncurkan pada 2017, GoBills bisa digunakan untuk membayar berbagai jenis tagihan seperti pendidikan, air, listrik, pulsa, BPJS kesehatan, internet, TV kabel, asuransi, pajak hingga zakat. Pembayarannya bisa menggunakan GoPay.

Arno mengklaim, layanan itu memudahkan lembaga pendidikan mencatat transaksi. Daftar sekolah yang menerima pembayaran GoPay ini bisa dilihat di fitur GoBills. Beberapa di antaranya Al Azhar, Al Irsyad, BKB Nurul Fikri, LP3i, dan Pesantren An Nuqthah.

Selain SPP, GoPay sudah bisa digunakan untuk pembayaran di kantin beberapa lembaga pendidikan. Perusahaan teknologi finansial (fintech) pembayaran besutan Gojek itu bekerja sama dengan 50 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jakarta Utara pada awal tahun lalu.

(Baca: Riset: Milenial dan Gen Z Bakal Pakai Dompet Digital Meski Tanpa Promo)

Saat itu, Gojek memberikan pembinaan terkait usaha secara digital seperti GoFood dan GoLife. Para siswa juga mendapat pelatihan GoGlam, GoMassage, GoFix, dan GoAuto.

Kendati sudah hadir di beberapa lembaga pendidikan sejak awal 2019, meme terkait GoPay untuk membayar SPP sekolah viral saat Nadiem diangkat menjadi Mendikbud pada Oktober lalu. Istilah ‘GoSPP’ diunggah beberapa warganet saat itu.

Selain GoPay, OVO sudah bekerja sama dengan beberapa lembaga pendidikan. Pada November 2018, layanan OVO bisa dipakai untuk membeli buku atau modul kuliah, bertransaksi di kantin, koperasi, ataupun bazar mahasiswa hingga pembayaran wisuda Universitas Katolik (UNIKA) Widya Mandala di Surabaya.

(Baca: Sejajar Boyband Korea, Nadiem Paling Banyak Dicari di Google Tahun Ini)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan