Anies Pastikan Penanganan Corona DKI Sejalan dengan Satgas Covid-19

Image title
18 Maret 2020, 14:31
Petugas memeriksa suhu tubuh calon penumpang KRL Commuter Line di Stasiun Tanah Abang, Jakarta, Selasa (17/3/2020). PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memberlakukan kebijakan pengecekan suhu tubuh bagi penumpang KRL untuk mengantisipasi penyebaran virus c
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/aww.
Petugas memeriksa suhu tubuh calon penumpang KRL Commuter Line di Stasiun Tanah Abang, Jakarta, Selasa (17/3/2020). PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memberlakukan kebijakan pengecekan suhu tubuh bagi penumpang KRL untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (COVID-19). FOTO ANTARA/Puspa Perwitasari/aww.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan upaya pencegahan penularan pandemi virus corona di ibu kota sejalan dengan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

"Kami pastikan langkah DKI sejalan dengan strategi dan taktik pencegahan oleh Tim Gugus Tugas yang dipimpin kepala BNPB. Koordinasi akan berjalan dengan baik dan mudah-mudahan bisa kendalikan," kata Anies saat menggelar konferensi pers di Jakarta, Rabu (18/3).

Ia menyatakan, pemerintah terus menyerukan imbauan kepada masyarakat untuk bekerja, beribadah dari rumah dan belajar dari rumah. Cara tersebut menurut Anies merupakan upaya mengurangi intensitas pertemuan masyarakat untuk meminimalisir risiko penularan.

"Bila cara dapat dilakukan secara massif maka setiap orang akan menjadi bagian dari orang-orang yang ikut menghentikan penyebaran Covid-19," kata dia.

Sementara itu, Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan penanganan wabah ini harus dilakukan dengan secepat mungkin. Untuk itu, ia mengingatkan bahwa saat ini bukan waktunya bagi setiap orang untuk berdebat terkait teori penanganannya.

"Kita tidak boleh kehilangan waktu untuk debat teori selesaikan wabah, fokus agar warga paham apa ancaman yang dihadapi dan bagiamana cara menghadapinya bersama-sama," kata dia.

(Baca: Anies Berikan Insentif untuk Tenaga Medis Penanganan Corona di Jakarta)

Lebih lanjut, ia menjelaskan untuk mempersempit risiko penularan pihaknya akan mengerahkan aparat pemerintah dari mulai tingkat RT/RW hingga kepala daerah. Semua yang dilakukan harus satu suara agar tak menyalahi koridor yang telah ditetapkan Gugus Tugas.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...