Masyarakat Bisa Cek Kesehatan terkait Corona di Aplikasi Gojek

Desy Setyowati
23 Maret 2020, 10:05
Digaet Kemenkes, Cek Kesehatan Terkait Corona Bisa di Aplikasi Gojek
gojek
Ilustrasi layanan konsultasi kesehatan terkait virus corona dari Halodoc di aplikasi Gojek

Pemerintah menggelar pemeriksaan terkait virus corona secara massal atau rapid test sejak akhir pekan lalu. Kini, Kementerian Kesehatan menggandeng decacorn Tanah Air, Gojek dan startup kesehatan, Halodoc untuk menggencarkan pemeriksaan.

Melalui kolaborasi itu, Gojek dan Halodoc merilis layanan konsultasi online (telemedicine) Check Covid-19. Hal ini didukung oleh lebih dari 20 ribu dokter di dalam ekosistem Halodoc.

Layanan itu tersedia dalam bentuk shuffle card di aplikasi Gojek. Jutaan pengguna bisa memilih shuffle card Check Covid-19  di tampilan aplikasi Gojek, dan akan langsung diarahkan ke layanan tersebut.

Pengguna bisa berkonsultasi mengenai gejala kesehatan yang dialami dan melakukan self-assessment atau pemeriksaaan mandiri terkait virus corona. Apabila ada dugaan menderita Covid-19, dokter akan meminta pengguna menerapkan isolasi di rumah. Sedangkan obat yang diresepkan akan diantar oleh Gojek ke rumah pengguna.

(Baca: Deteksi Corona, Pemerintah Mulai Lakukan Rapid Test Hari Ini)

Bila membutuhkan penanganan dan tindakan lebih lanjut, maka pengguna akan dirujuk ke rumah sakit rujukan. “Gojek dan Halodoc memiliki akses untuk menyebarkan informasi dan edukasi pencegahan Covid-19 kepada puluhan juta masyarakat,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan drg Oscar Primadi dalam siaran pers, Senin (23/3).

Co-CEO Gojek Group Andre Soelistyo menyatakan, perusahaan mengerahkan seluruh elemen dari ekosistem untuk memperkuat penanganan Covid-19 di Indonesia. “Para mitra pengemudi dan merchant membantu masyarakat mendapatkan barang, makanan dan obat-obatan yang diperlukan,” katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...