Ramai Penggalangan Donasi Corona, Ini Tip Agar Tak Salah Sasaran

Image title
23 Maret 2020, 23:18
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo (kanan) menerima secara simbolik bantuan dari Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk Garibaldi Thohir di Graha BNPB, Jakarta, Senin (23/3/2020). Adaro menyalurkan bantuan sebesar Rp20 miliar
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Kepala BNPB Doni Monardo (kanan) menerima secara simbolik bantuan dari Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk Garibaldi Thohir di Graha BNPB, Jakarta, Senin (23/3/2020). Adaro menyalurkan bantuan Rp20 miliar dalam program ÒAdaro Berjuang untuk IndonesiaÓ kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus Disease (COVID-19) melalui penyediaan mobil khusus bagi para pasien Covid-19.

Pandemi virus Corona masih berlangsung. Menurut data John Hopkins University and Medicine, per 23 Maret 2020, sebanyak 351.731 orang terkonfirmasi positif Corona di 167 negara. Total korban meninggal di seluruh negara tersebut 15.375 orang. Sementara yang berhasil sembuh 100.430 pasien.

Negara dengan angka kematian terbanyak akibat virus bernama resmi Covid-19 ini adalah Italia, yakni 5.476 orang. Angka ini lebih banyak dari Tiongkok (3.153 orang) dan Spanyol (2.206 orang). Di Indonesia 49 orang telah meninggal dari total 579 orang yang positif mengidap penyakit Corona.

Advertisement

Kematian dan jumlah korban yang terus meningkat membuat masyarakat ramai-ramai bersolidaritas, termasuk di Indonesia. Salah satunya melalui penggalangan donasi secara online melalui situs Kitabisa.com, sebuah situs donasi nomor tiga dari tujuh situs pilihan milenial berdasarkan data IDN Research Institute pada 2019.  

Di situs Kitabisa.com berbagai pihak mengampanyekan penggalangan donasi, mulai dari Lembaga seperti Lazis Muhammadiyah sampai Cathy Sharon. 

Penggalangan donasi Lazis Muhammadiyah yang mengambil judul Patungan Mulai 10 ribu, Bersatu Hadang Corona, berdasarkan informasi di laman Kitabisa.com, telah mendapatkan Rp 276,9juta dari 2.682 donatur daring. Penggalangan milik Cathy Sharon yang berjudul Sarung Tangan Untuk Corona berhasil mengumpulkan dana Rp 746,4 juta dari 3.805 donatur daring.

(Baca: Kolaborasi Kadin dan Tzu Chi Kembali Salurkan Donasi Penanganan Corona)

Angka donasi di dua penggalangan tersebut masih berpeluang bertambah, mengingat masa donasinya masih panjang. Masih tersisa 84 hari untuk penggalangan milik Lazis Muhammadiyah dan 22 hari milik Cathy Sharon.

Banyaknya angka donasi tak lepas dari status Indonesia sebagai salah satu dari 10 negara paling dermawan di dunia pada 2016 menurut Charities Aid Foundation dengan indeks kedermawanan mencapai 56%. Daftar 10 negara paling dermawan di dunia bisa dilihat dalam Databoks di bawah ini:

Namun, kata Editor The Chronicle of Philanthropy Stacy Palmer yang dimuat NRP.org, kedermawanan melalui donasi untuk membantu pengentasan Corona bisa tak efektif bila salah sasaran. Apalagi ia mengatakan pandemi Corona masih akan berlangsung panjanng, sehingga membutuhkan strategi jitu bagi masyarakat untuk berdonasi. Stacy memiliki dua tips agar donasi tak salah sasaran:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement