Jokowi Instruksikan Semua Tenaga Medis Corona Jalani Rapid Test

Rizky Alika
24 Maret 2020, 17:33
rapid test corona, jokowi, virus corona, pandemi corona, petugas medis
ANTARA FOTO/Kompas/Heru Sri Kumoro/Pool/aww.
Petugas medis di Rumah Sakit Darurat Corona Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. Seluruh tenaga medis yang menangani pasien corona akan diprioritaskan untuk menjalani rapid test sesuai instruksi Presiden Joko Widodo.

Pemerintah akan melakukan uji cepat atau rapid test kepada seluruh tenaga medis yang berinteraksi dengan pasien positif virus corona (Covid-19). Hal ini seiring dengan instruksi Presiden Joko Widodo alias Jokowi yang menginginkan seluruh tenaga medis diprioritaskan untuk menjalani rapid test.

Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto mengatakan bahwa rapid test terhadap petugas medis menjadi prioritas tahap pertama, termasuk terhadap pegawai front office rumah sakit yang menangani pasien corona. 

Selain itu, rapid test juga dilakukan kepada orang yang melakukan kontak dekat dengan pasien positif corona, baik kontak dengan pasien yang dirawat di rumah sakit maupun diisolasi di rumah. 

"Karena mereka kelompok sensitif untuk rentan terinfeksi Covid-19," kata dia melalui video conference dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa (24/3).

(Baca: Rapid Test Akan Diutamakan untuk Tenaga Medis & Warga Zona Rawan)

Selain itu, pemeriksaan akan diikuti dengan keluarga pasien yang positif corona. Bila pasien tersebut sempat bekerja, rapid test juga dilakukan kepada rekan kerjanya.

Setelah persediaan alat rapid test meningkat, pemeriksan akan dilakukan berbasis kewilayahan. Sebagai contoh, Jakarta Selatan sebagai wilayah yang diidentifikasi paling banyak corona akan menjadi prioritas tes.

Kemudian, alat rapid test akan didistribusikan di faslitas kesehatan di daerah tersebut, seperti puskesmas, laboratorium kesehatan daerah, rumah sakit swasta, dan rumah sakit pemerintah. "Ini menjadi urutan dalam layanan kesehatan," ujar Yurianto.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...