Bulog Siap Pasok Beras untuk Tambahan Kartu Sembako

Rizky Alika
26 Maret 2020, 14:03
Pekerja menumpuk karung beras stok Bulog di Gudang Bulog Banten, di Serang, Rabu (12/2/2020). Dirut Perum Bulog Budi Waseso menegaskan kesiapanya untuk menyerap beras dari petani pada musim panen mendatang meski masih harus menyalurkan 1,8 juta ton stok l
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman
Pekerja menumpuk karung beras stok Bulog di Gudang Bulog Banten, di Serang, Rabu (12/2/2020). Bulog mengaku siap memasok kebutuhan beras untuk program kartu sembako.

Pemerintah menambah anggaran Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) menjadi Rp 200 ribu per kepala keluarga (KK) melalui kartu sembako murah. Kebijakan ini digulirkan untuk menekan dampak ekonomi dan pelemahan daya beli akibat pandemi virus corona.

BUMN bidang pangan, Perum Bulog menyatakan siap memasok beras untuk memenuhi keperluan penerima kartu sembako. "Bulog  akan menyiapkan berapa saja kebutuhan Keluarga Penerima Manfaat (KPM)," kata Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Tri Wahyudi Saleh kepada katadata.co.id, Kamis (26/3).

Advertisement

(Baca: Bulog Bakal Ubah Gabah jadi Beras Premium, Harga Serupa Medium)

Dia memastikan, stok beras di gudang Bulog masih mencukupi. Hingga saat ini, jumlah beras di gudang Bulog mencapai 1,5 juta ton.

Pasokan tersebut masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan beras hingga lebaran. Selain itu, Bulog juga akan kembali menyerap beras saat musim panen raya pada akhir Maret mendatang. Bulog menargetkan, penyerapan beras dapat mencapai 1,7 juta ton selama panen raya.

Hingga kemarin (25/3), perusahan pelat merah itu telah memasok beras untuk program kartu sembako hampir mencapai 90 ribu ton ke seluruh Indonesia. "Namun, Bulog bukan satu-satunya supplier BPNT atau kartu sembako," ujar Tri.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement