Jumlah Korban Tewas Akibat Corona di Italia Dua Kali Lipat Tiongkok

Desy Setyowati
26 Maret 2020, 08:49
Jumlah Korban Tewas Akibat Corona di Italia Dua Kali Lipat Tiongkok
ANTARA FOTO/REUTERS/Manuel Silvestri/AWW/dj
Ilustrasi, seorang pekerja membersihkan Rialto Bridge dengan cairan desinfektan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona (COVID-19) di Venesia, Italia, Jumat (13/3/2020).

Jumlah korban meninggal dunia akibat virus corona di Italia mencapai dua kali lipat dibanding Tiongkok per hari ini. Italia pun mendorong penerbitan obligasi bersama (joint bond) kepada Uni Eropa sebagai stimulus ekonomi di tengah pandemi corona.

Berdasarkan data John Hopkins, kasus positif virus corona di Italia mencapai 74.386 hingga Pukul 8.26 WIB. Dari jumlah tersebut, 7.503 di antaranya meninggal dunia.

Sedangkan di Tiongkok, jumlah kasusnya mencapai 81.667. Sebanyak 3.647 di antaranya meninggal dunia.

Selain Italia, kasus virus corona di negara Eropa lainnya seperti Spanyol, Jerman, dan Prancis termasuk yang tertinggi di dunia. Secara berturut-turut, jumlah kasus di ketiga negara itu mencapai 49.515, 37.323, dan 25.600.

(Baca: Kasus Menyusut, Tiongkok Sebut Penyebaran Virus Corona Belum Berakhir)

Karena itu, sebagian besar menteri keuangan Uni Eropa menyetujui gagasan untuk mencari dana. Setidaknya, mereka mengajukan permohonan batas kredit sekitar 2% dari Produk Domestik Bruto (PDB) dari dana bailout bersama yang disebut European Stabilization Mechanism (ESM).

Namun, belum ada kesepakatan tentang penerbitan utang bersama di 19 negara anggota, yang menggunakan mata uang euro. Rencananya, hal itu akan dibahas dalam rapat melalui video conference hari ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...