IMF Minta Pimpinan G20 Tingkatkan Dana Darurat Corona Dua Kali Lipat

Agatha Olivia Victoria
27 Maret 2020, 14:54
imf, g20, pandemi corona, virus corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Ahmed Yosri
IMF meminta dukungan negara-negara anggota G20 untuk meningkatkan kapasitas dana darurat IMF untuk menghadapi krisis akibat pandemi corona.

International Monetary Fund (IMF) meminta dukungan para pemimpin G20 dalam menghadapi besarnya tantangan pandemi corona. Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva mengatakan, salah satu tindakannya yakni dengan menggandakan kapasitas pembiayaan darurat lembaga bilateral tersebut.

"Kami meminta dukungan para pimpinan G20 untuk menggandakan kapasitas pembiayaan darurat IMF," kata Georgieva seperti dikutip dari siaran resminya, Jumat (27/3).

Advertisement

Selain itu, dia meminta para pemimpin negara G20 bisa meningkatkan likuiditas global. Peningkatan bisa dilakukan dengan menambah alokasi Special Drawing Right (SDR) serta memperluas penggunaan fasilitas swap type.

Adapun SDR adalah aset cadangan mata uang asing pelengkap yang ditetapkan dan dikelola oleh IMF. Georgieva mengatakan bahwa sebelumnya IMF berhasil meningkatkan likuiditas global pada masa penanganan krisis keuangan global 2008-2009.

(Baca: Pandemi Corona, IMF Bakal Cairkan Pinjaman Rp 2 Trilun Bantu Kirgistan)

Hingga saat ini SDR yang telah dialokasikan kepada negara-negara anggota IMF mencapai SDR 204,2 miliar atau setara US$ 281 miliar. Adapun sebesar SDR 182,6 miliar di antaranya dialokasikan ketika menghadapi krisis keuangan global pada 2008-2009.

Tak hanya itu, dia juga minta para pemimpin negara anggota G20 mendukung langkah-langkah kreditor bilateral dalam meringankan beban utang negara-negara termiskin anggota IMF di masa-masa krisis seperti saat ini.

Meski IMF memiliki kapasitas keuangan yang cukup besar, yakni US$ 1 triliun, untuk membantu negara-negara yang terdampak Covid-19, Kristalina berharap para pemimpin G20 tetap bisa mendukung IMF melalui langkah-langkah tersebut.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement